Sukses

Lihat Desain Modest Wear Siswi SMK yang Pukau Muffest 2017

Rancangan modes wear siswi SMK NU Banat bisa mengimbangi desainer ternama saat satu panggung di Muffest 2017

Liputan6.com, Jakarta Jika tidak diumumkan koleksi busana yang dipakai model di salah satu panggung fashion show bergengsi Muslim Fashion Festival atau Muffest 2017, banyak orang tak menyangka jika desainernya adalah siswi SMK. Ya, siswi SMK NU Banat, Kudus, Jawa Tengah kembali mencuri perhatian saat berada di satu runway dengan sejumlah desainer modest wear ternama seperti Deden Siswanto hingga Ina Priyono.

Di balik garis rancangan modern, terdapat kearifan lokal dari tema yang dipilih untuk koleksi brand fashion SMK NU Banat, Zelmira. Zelmira menampilkan rancangan dengan tema 'Dandangan' yang terinspirasi dari tradisi turun temurun kota Kudus menyambut bulan Ramadan.

"Proses pemilihan tema merupakan hasil dari pencarian inspirasi dan adu ide tentang karya-karya yang bisa memadukan style, mix and match, pemilihan bahan yang tepat serta mengusung kearifan lokal," tutur Risa Maharani, salah seorang desainer Zelmira di sela Muffest 2017 di JCC, Senayan, Jakarta.

Selain itu, saat mendesain modest wear untuk Zelmira, para desainer sudah memikirkan karakter pemakainya. Yaitu muslimah muda dengan karakter yang cerdas dan kuat. Hal itu menjawab kebutuhan fashion muslimah wanita Indonesia yang aktif serta memiliki perhatian pada kualitas dan detail.

Rancangan modest wear siswi SMK NU Banat di Muffest 2017 (Foto: Dok. SMK NU Banat)

"Untuk kerapian jahitan, kami yakin sudah selevel dengan brand fashion papan atas. Mereka memiliki inisiatif tinggi, cerdas, dan punya banyak ide kreatif," tambah Ali Charisma, National Chairman Indonesia Fashion Chamber (IFC).

Masih di ajang yang sama, Risa Maharani juga masuk sebagai nominator finalis Modest Young Designer Competition (MDYC) yang diselenggarakan oleh salah satu brand fashion populer Indonesia. Risa mendapatkan ribuan like dalam lomba yang digelar di akun Instagram Muffest 2017 ini.

Risa Maharani merupakan siswi Kelas XII SMK NU Banat Kudus, salah satu sekolah yang dibina oleh program Bakti Pendidikan Djarum Foundation. Risa berkolaborasi dengan adik kelasnya, Rania yang duduk di Kelas XI di sekolah yang sama. Pertengahan tahun lalu, Risa dan Rania juga berhasil memukau publik fashion dunia saat karyanya tampil di ajang Asia’s Fashion Spotlight, di Hongkong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini