Sukses

Miliki Rambut Sehat dan Tanpa Masalah dengan 11 Rutinitas Berikut

Ternyata 11 rutinitas sederhana berikut ini, tanpa disadari dapat membuat helaian rambut sehat.

Liputan6.com, Jakarta Rambut adalah mahkota yang berharga bagi setiap wanita. Banyak wanita mendambakan rambut sehat dan berkilau agar penampilan prima. Mulai sekarang, memiliki rambut panjang bukan lagi menjadi sekedar impian. Dilansir dari Cosmopolitan, Minggu (2/04/2017), berikut tips yang dapat dilakukan agar rambut tumbuh dengan sehat.

1. Ingatlah, rambut tidak tumbuh dalam semalam
Rambut akan tumbuh sekitar seperempat sampai satu inchi dalam waktu satu bulan. Sehingga dibutuhkan kesebaran yang ekstra.

2. Menggunting tidak dapat mempercepat pertumbuhan rambut
Seringkali orang-orang beranggapan bahwa untuk mempercepat pertumbuhan rambut adalah dengan cara memotongnya. Sehingga rambut akan semakin pendek. Mulai sekarang, mintalah hairstylist Anda untuk memotong hanya 1/8 inchi dari rambut setiap 10 sampai 12 minggu untuk mencegah rambut bercabang, bukan untuk mempercepat pertumbuhan rambut.

3. Gunakan kondisioner
Aplikasikan kondisioner setiap kali selesai keramas, terlebih bila rambut Anda sering diwarnai dan terkena hair dryer. Hal ini akan membantu untuk menggantikan lemak dam protein dalam batang rambut, sehingga dapat mencegah terjadinya kerusakan pada rambut dan tumbuh dengan sehat.

4. Terlalu sering keramas

Jangan keramas setiap kali Anda mandi. Pencucian rambut dengan sampo yang berlebihan, akan menghilangkan minyak alami pada rambut yang berfungsi untuk menjaga helaian rambut tetap lembut dan sehat.

5. Gunakan masker rambut
Menggunakan minyak alami dan masker rambut setiap minggu sangat baik untuk menjaga kelembapan. Anda bisa mencampurkan 1 cangkir minyak kelapa murni dengan 1 sendok almond, dan minyak jojoba. Biarkan selama 10 menit lalu bilas seperti keramas biasa. 

6. Perhatikan suplemen makanan
Sama seperti bagian tubuh lainnya, rambut juga membutuhkan suplemen dari makanan yang dikonsumsi. Jadi coba perhatikan pola diet Anda, jika diet seimbang maka pertumbuhan rambut akan menjadi lebih cepat serta tambahkan suplemen lain sesuai ajuran dokter.

7. Menyisir rambut
Jangan sering-sering menyisir rambut, terlebih lagi dalam keadaan basah. Karena rambut yang basah akan membuatnya lebih mudah patah dan rusak. Selain itu mulailah menyisir rambut dari bagian bawah. Karena jika rambut dalam keaadan kusut, kemudian kita mulai menyisir dari bagian atas, justru akan membawa membuat rambut rontok.

8. Pilih sarung bantal yang lembut

Ternyata sarung bantal yang kasar akan menimbulkan gesekan dan menyebabkan rambut kusut. Untuk itu gunakan sarung bantal berbahan satin agar menghindari gesekan pada saat tidur

9. Jangan membungkus rambut dengan handuk basah
Kebanyakan dari Anda sering membungkus rambut dengan ketat menggunakan handuk besar setelah keramas. Padahal hal ini justru menimbulkan banyak kerusakan pada rambut.

10. Jangan terlalu sering mengikat rambut
Mulai sekarang, kurangi tatanan ekor kuda pada rambut Anda. Hal ini dapat membantu menjaga helaian rambut agar tumbuh bebas.

11. Bilas rambut dengan air dingin
Lakukan bilasan dengan menggunakan air dingin pada setiap keramas, agar suhu pada helaian rambut tetap terjaga.

*(Latifah Gusri)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.