Sukses

Suka Pakai Lipstik Merah? Ketahui Dulu Hal Ini Sebelum Memakainya

Inilah beberapa aturan yang harus diikuti saat mengenakan lipstik warna merah agar penampilan Anda terlihat lebih cantik.

Liputan6.com, Jakarta Banyak wanita yang menyukai warna merah, mulai dari pakaian, cat kuku hingga lipstik. Terlebih lagi lipstik warna merah dapat memberikan efek mencerahkan wajah, bagi Anda yang berkulit gelap.

Dari warna cherry merah hingga plum dan merah marun, tidak peduli warna merah apa saja yang Anda suka, tapi Anda harus ketahui dulu beberapa aturan saat mengenakan lipstik merah. Seperti yang dilansir dari Boldsky, Jumat (31/3/2017) berikut ini.

1. Ketahui tingkat warna yang tepat
Sebelum Anda memakai lipstik merah, sangat penting untuk mengetahui tingkat warna apa yang tepat dengan warna kulit Anda. Ada banyak lipstik merah di pasaran dengan berbagai tingkatan warna yang berbeda, oleh karena itu Anda harus memilih satu warna yang sesuai dengan warna kulit.

Sebelum menerapkannya di bibir, coba lakukan tes seperti membuat goresan kecil di leher dan memeriksa apa warna yang dipilih sesuai dengan warna kulit Anda. Secara umum, seorang wanita yang mempunyai kulit terang atau putih cocok menggunakan warna merah menyala. Sementara pemilik warna kulit kecokelatan lebih cocok dengan warna merah oranye. Lalu, warna kulit gelap sebaiknya memilih lipstik warna merah plum. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Persiapan pada bibir Anda

Sebelum menerapkan lipstik merah, Anda harus mempersiapkan bibir dengan bantuan lip scrub. Bersihkan bibir terlebih dahulu, lalu lakukan lip scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Melakukan lip scrub sebelum menerapkan lipstik pun dapat membantu menjaga bibir terlihat penuh. Menerapkan lipstik merah pada bibir kering akan memberikan hasil bibir yang kurang indah.

3. Lip Liner
Menggunakan lip liner sebelum mengaplikasikan lipstik merah merupakan hal yang paling penting. Anda harus memastikan bahwa warna lip liner sama dengan warna lipstik merah yang dipakai. Mengenakan lip liner dapat mencegah lipstik Anda mencair, sehingga memungkinkan lipstik tetap tahan lama.

4. Padukan dengan makeup natural
Satu hal penting yang harus diingat saat mengenakan lipstik merah adalah bahwa Anda harus menjaga riasan tetap hangat dan bercahaya. Mengenakan lipstik merah dengan makeup yang gelap justru akan membuat tampilan Anda tidak sedap dipandang. Jadi, selalu menjaga perona pipi Anda, foundation dan eyeshadow yang natural sambil menerapkan lipstik merah.

5. Matte
Anda harus selalu ingat bahwa lipstik merah tampak elegan dan sempurna dalam hasil yang matte. Tinggalkan lipstik merah dengan efek glossy, karena mereka mungkin tidak terlihat menarik. Lipstik matte memiliki tekstur yang lebih kering sehingga dapat menghasilkan bentuk bibir yang sempurna. Namun, jika Anda tetap ingin menggunakan lipstik glossy, gunakan kertas minyak untuk mengurangi efek glossy pada lipstik.

3 dari 3 halaman

6. Pilih padanan busana yang tepat

Lipstik merah sangat cocok dengan busana dengan warna-warna monokrom, pastel dan putih. Misalnya Anda dapat mengenakan lipstik merah dengan padanan mini dress warna hitam atau putih. Namun, jika Anda termasuk orang suka bereksperimen, tak ada salahnya juga memadukan lipstik merah dengan busana warna-warna terang. 

7. Mencegah dari noda lipstik pada gigi
Lipstik merah dengan tekstur liquid dapat menempel pada gigi. Namun, untuk menghindari situasi yang memalukan ini, Anda harus menggunakan kertas minyak. Kertas minyak dapat menyingkirkan kelebihan lipstik pada bibir.

8. Pigmentasi
Lipstik merah cerah dan mencolok, karenanya Anda harus berhati-hati dengan pigmentasinya. Hal ini selalu baik untuk menerapkan lipstik merah setelah menggunakan primer bibir atau foundation pada bibir. Hal ini agar lipstik tetap tahan lama untuk jangka waktu yang panjang. 

Ine Yulita Sari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.