Sukses

Kenali 6 Jenis Garam Unik dan Fungsinya yang Berbeda-Beda

Ternyata, tidak semua garam sama fungsinya. Intip ulasan berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Garam merupakan salah satu bumbu dapur yang dapat digunakan sebagai campuran makanan ataupun perawatan wajah alami. Tapi tahukah Anda, ternyata garam di dunia ini memiliki beragam jenis dengan kegunaan yang berbeda pula.

Dilansir dari RealSimple, Kamis (29/03/2017), terdapat enam variasi garam serta tips cara penggunaannya.

1. Kosher Salt
Rasanya cepat menyebar dan mudah larut pada makanan, garam ini sangat cocok digunakan untuk semua jenis makanan. Akan tetapi paling cocok untuk babi panggang dan pop corn.

2. Crystalline Sea Salt
Garam ini berasal dari pesisir Portugal dan California dengan tekstur yang berbeda-beda. Ada yang bertekstur halus dan ada yang kasar. Ukurannya pun tidak teratur tergantung dari seberapa cepat garam ini larut. Dari segi warna, garam ini memiliki warna yang disesuaikan dari kandungan mineralnya. Garam ini sangat cocok ditaburkan pada salad dan fillet ikan salmon.

3. Flaked Sea Salt
Garam yang bertekstur lembut dan tipis ini berasal dari negara Essex, Inggris. Garam ini cepat larut dan sangat cocok untuk taburan makanan yang baru dimasak, serta untuk menu sayuran.

4. Fleur de Sel Salt
Berasal dari tambak garam di pesisir Prancis, garam ini sangat lembut dan meleleh di mulut. Sehingga sangat enak untuk dicampurkan pada irisan tomat atau melon.

5. Rock Salt
Garam ini biasanya digunakan dalam pembuatan es krim. Garam kasar ini didapatkan dari tambang dalam perut bumi, sehingga tidak bisa dijual dan digunakan langsung pada makanan. Garam ini biasanya dikemas dalam bentuk organik yang belum diolah. Teksturnya yang besar, tebal dan mineral serta kotoran yang tercampur di dalamnya akan memberikan warna keabu-abuan.

6. Pickling Salt
Garam ini memiliki butir yang halus sama seperti garam pada umumnya. Akan tetapi tidak mengandung yodium seperti garam kebanyakan. Garam ini mengangdung hampir 100℅ natrium klorida yang sangat cocok untuk pembuatan acar atau asinan kubis.

*(Latifah Gusri)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini