Sukses

Ternyata Ini Alasan Anda Tidak dapat Tidur Nyenyak di Malam Hari

Yuk, simak alasan mengapa Anda tidak dapat tidur dengan nyenyak dan cara-cara mengatasinya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Tidur merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi tubuh manusia untuk berfungsi dengan benar. Hal ini sama pentingnya dengan makan sehat dan minum air putih secara teratur. Tidur malam yang benar akan membuat tubuh Anda yang lelah bekerja menjadi lebih segar.

Tidak semua dari Anda mendapatkan tidur malam yang baik, padahal tidur di malam hari merupakan hal yang penting. Jika Anda kurang tidur di malam hari, bisa jadi Anda bangun di pagi hari dengan suasana hati yang buruk, terlalu lelah untuk melakukan pekerjaan dan bahkan mengacaukan Anda. Ada begitu banyak alasan mengapa kita tidak tidur dengan nyenyak pada malam hari seperti dikutip dari laman magforwomen.com, Selasa (7/3/2017).

1. Stres
Ketika anda menyentuh tempat tidur, Anda harus melakukannya dengan pikiran yang jernih. Hanya dalam keadaan santai, Anda dapat terlelap dengan nyenyak. Tinggalkan rasa stres dan tidurlah dengan nyenyak.

2. Makan berlebihan
Hindari makan berlebihan pada malam hari, karena hal ini sangat tidak baik bagi perut Anda. Perut Anda harus bekerja 'lembur' untuk mencerna semua makanan di dalamnya sehingga membuat Anda sulit untuk tertidur.

3. Lapar
Selain makan yang berlebihan, ternyata kelaparan juga mampu membuat Anda tidak mampu tertidur dengan nyenyak. Makanan penting untuk mengisi perut Anda agar mendapatkan tidur malam yang baik. Perut kosong hanya akan membuat tidur malam Anda terganggu. Pastikan Anda mengisi perut sebelum tidur dengan makanan yang memiliki sedikit kalori.

4. minum terlalu banyak
Jika minum terlalu banyak air, Anda akan kesulitan untuk tidur. Minumlah air secukupnya jika Anda ingin tidur nyenyak pada malam hari.

5. Anda tidak cukup berolahraga
Kadang-kadang Anda tidak bisa menutup mata di malam hari jika belum memiliki cukup latihan fisik. Mungkin ada alasan lain selain fakta bahwa tubuh Anda tidak cukup lelah dan tidak dapat tidur dengan nyenyak. Dalam kasus ini, Anda dapat pergi untuk melakukan jogging atau hanya melakukan beberapa latihan sederhana yang kecil di rumah.

Tidur sangat penting untuk memiliki fungsi tubuh yang optimal dalam menjalani hari-hari Anda. Tidur yang tidak nyenyak bukan hanya mengganggu kondisi fisik Anda, tetapi juga mengacaukan nafsu makan dan menyebabkan beberapa perubahan suasana hati yang sangat buruk. 

Odilia Hana Santoso

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini