Sukses

Ilmu Pengetahuan Ungkap Cara Ketahui Kata Pertama Bayi Anda

Ternyata, ada ilmu pengetahuan untuk mengetahui kata pertama dari bayi Anda, penasaran? Simak di sini.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki seorang bayi adalah satu hal paling menyenangkan bagi para orang tua, baik ayah maupun ibu. Menariknya, memasuki usia bayi 10 bulan, ayah dan ibu selalu berebut untuk mendapatkan kata pertama dari bayi tersebut, entah itu ayah atau ibu.

Dilansir dari purewow.com, Kamis (29/12/2016), menurut sebuah studi terbaru dari Indiana University, kata pertama yang keluar dari seorang bayi ternyata berkaitan erat dengan isyarat visual yang sering dilihatnya, seperti ibu yang terus muncul di pandangannya. Bukan secara verbal, seperti Anda terus menerus mengucapkan kata ibu berulang kali di hadapannya.

Mengapa?
Ketika berinteraksi dengan bayi, Anda harus menyesuaikan dengan bagaimana bahasa bayi tersebut berkembang. Bagi seorang bayi, memori visual adalah sebuah titik lompat dirinya mencoba menghubungkan kata-kata untuk melihat suatu objek. Atau dengan kata lain, jika seorang bayi melihat suatu objek secara berulang kali, misalnya botol susu secara terus menerus, ia akan lebih mungkin mengenalinya dan akhirnya menemukan sebuah kata untuk objek tersebut.

Untuk menemukan hasil ini, para peneliti meletakkan kamera tepat di atas kepala bayi, untuk mencoba melihat dari sudut pandang mereka. Secara mengejutkan, ternyata bayi melihat jauh lebih sedikit dari yang orang dewasa pikirkan, dan ia cenderung memberi nama bagi hal-hal yang dilihatnya secara terbatas saat interaksi berlangsung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.