Sukses

Tiongkok Akan Bangun Hotel dan Restoran di Gunung Everest

Pemerintah Tiongkok mengumumkan rencana ambisius membangun hotel, museum, heliped, dan restoran di Gunung Everest.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Tiongkok baru-baru ini mengumumkan rencana ambisius membangun hotel yang dilengkapi heliped, museum, dan restoran di Gunung Everest, tepatnya di basecamp yang ada di Gangkar Tibet. Pembangunan yang rencananya dimulai tahun depan dan selesai pada 2019 ini, ditaksir menghabiskan anggaran sekitar 12 juta dolar Euro atau lebih dari Rp 166 miliar.

Seperti yang diberitakan laman dailymail, Selasa (20/12/2016), pemerintah Tiongkok mengharapkan pembangunan ambisius ini bisa mendorong perkembangan perekonomian Tibet, dan menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat setempat.

Tak hanya membangun sarana wisata, pemerintah Tiongkok juga akan membangun rumah pelayanan medis bagi para pendaki. Ini sangat dibutuhkan para pendaki yang melakukan perjalanan menjamahi gunung tertinggi di dunia tersebut. Bahkan ke depan akan ada jasa penyedia katering, pemasok logistik, hingga jasa pemandu wisata bagi para pendaki.

Nyima Tsering, wakil direktur pembangunan di Gangkar mengatakan, kota ini menjadi tempat terbaik bagi wisatawan untuk menyaksikan puncak Everest. “Kami akan membangun museum gunung, tempat sewa dan perbaikan kendaraan, hingga restoran dan jasa penyedia akomodasi,” katanya.

Banyak kalangan yang mendukung ambisi pembangunan tersebut sebagai upaya untuk memudahkan para wisatawan dan pendaki, namun tak jarang ada yang menentangnya juga. Kalangan yang menentang beranggapan, pembangunan ambisius tersebut hanya akan menambah beban bagi Gunung Everest yang sudah kelebihan jumlah pengunjung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.