Sukses

Hobi Glamping? Ini 6 Tempat Seru untuk Momen Liburan Akhir Tahun

Glamping bukan suatu yang baru dalam dunia travel, aktivitas traveling ini sudah banyak dilakukan, khususnya di kalangan anak muda.

Liputan6.com, Jakarta Glamping bukan suatu yang baru dalam dunia travel. Beberapa tahun belakangan, aktivitas traveling ini sudah banyak dilakukan, khususnya di kalangan anak muda. Glamping sepintas mirip dengan camping atau berkemah, namun aktivitas kekinian ini menawarkan lebih berbagai fasilitas layaknya menginap di hotel. Apalagi kini banyak perlengkapan glamping yang dijual dan mudah ditemukan.

Bagi Anda yang hobi glamping, liburan akhir tahun merupakan momen yang tepat untuk menjauh dari kebisingan kota, membuka tenda, memanggang ikan dan meminum soda, sambil merasakan hembusan angin pantai. Berikut enam tempat seru untuk habiskan masa liburan akhir tahun bagi Anda yang hobi glamping, seperti yang disusun tim Travel Liputan6.com, Kamis (22/12/2016).

Pulau Sombori

Pulau Sombori menjadi lokasi glamping terasyik untuk habiskan momen liburan akhir tahun. Foto: Andi Jatmiko/ Liputan6.com

Berlokasi di Morowali, Sulawesi Tengah, gugusan pulau karang yang mirip Raja Ampat ini menjadi tempat yang tepat untuk menghindar dari kebisingan kota. Pulau yang masih jarang dijamahi wisatawan ini tidak hanya menyuguhkan pemandangan pantai yang menawan, tapi juga keelokan bawah lautnya yang dihiasi beragam biota laut. Bahkan jika beruntung, Anda bisa manyaksikan gerombolan Lumba-lumba yang di tengah laut. Pulau Sombori sendiri dapat diakses dengan mudah melalui Kendari. Dari kota ini perjalanan dilanjutkan menuju Pelabuhan Molore, sekitar 5 jam perjalanan darat. Dari pelabuhan ini, perjalanan ke Sombori dapat ditempuh hanya dalam waktu 1 jam menggunakan speed boat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Karimunjawa

Karimunjawa

Disebut sebagai mutiara dari utara Jawa, Karimunjawa sanggup beri buaian lembut mentari senja.

Karimunjawa selalu menjadi pilihan tempat seru untuk menghabiskan masa liburan akhir tahun bersama keluarga dan teman tercinta. Apalagi saat ini Karimunjawa dapat dengan mudah diakses PT ASDP Indonesia Ferry menambah layanan penyeberangan menggunakan kapal ferry dari Jepara ke Karimunjawa. Memiliki keindahan pantai dan bawah laut yang lengkap, Karimunjawa menjadi tempat yang seru untuk aktivitas glamping.

Pulau Widi

Berlokasi di desa Gane Luar, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, Kepulauan Widi dikenal memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. Foto: Andi Jatmiko.

Masuk dalam kawasan Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, Pulau Widi memiliki keindahan yang berbeda dengan kebanyak pulau yang lain. Tak hanya keindahan pantai dan bawah lautnya yang eksotis, di pulau ini juga terdapat danau air tawar. Banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan di pulau yang diklaim memiliki keindahan yang serupa dengan Pulau Mandeh dan Raja Ampat ini, salah satunya adalah glamping, mengingat di lokasi ini banyak lahan terbuka yang bisa menjadi lokasi membuka tenda dan peralatan glamping lainnya. Pulau Widi dapat ditempuh melalui Ternate menggunakan kapal laut via Pelabuhan Saketa dengen menempuh perjalanan sekitar 5 jam. Perjalanan kemudian dilanjutkan menggunakan kendaraan roda dua menuju Kecamatan Gane Timur selama sekitar 3 jam, dan speedboat sekitar 2 jam.

3 dari 3 halaman

Pulau Maratua

Pulau Maratua

Tim Terios 7 Wonders Borneo Wild Adventure akhirnya menyelesaikan etape pamungkas.

Pulau Maratua merupakan salah satu pulau menawan yang ada dalam gugusan Kepulauan Derawan. Masuk kawasan Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, ada dua cara mudah untuk bisa sampai ke pulau ini, yaitu melalui Pelabuhan Tanjung Redeb dan Tanjung Batu. Pelabuhan Tanjung Batu hanya mengantarkan pengunjung dalam jumlah kecil. Pulau Maratua menjadi tempat seru untuk aktivitas glamping, pasalnya selain memiliki pemandangan laut yang menawan, Maratua juga dikelilingi pulau-pulau eksotis lainnya, seperti Sangalaki, Kakaban, dan Pulau Derawan itu sendiri. Di pulau ini Anda bisa menikmati ikan bakar sambil menyeruput air kelapa yang langsung dipetik dari pohonnya.

Pulau Pahawang

Pulau Pahawang kecil dilihat dari langit. Foto: M Husni/ Liputan6.com

Pahawang merupakan destinasi wisata bahari andalan bagi Provinsi Bandar Lampung. Lokasinya yang mudah diakses dari Ibukota Jakarta menjadi alasan mengapa pulau ini banyak dikunjungi wisatawan. Pulau Pahawang sendiri terbagi menjadi dua, yaitu Pahawang Besar dan Pahawang Kecil. Bagi Anda yang hobi glamping, Pahawang Kecil menjadi pilihan tepat untuk menghindar dari kebisingan kota, mengingat pulau dengan luas sekita 13 hektar ini memang tidak berpenghuni. Tak hanya itu, Pulau Pahawang kecil juga memiliki keunikannya tersendiri, yaitu munculnya jembatan pasir saat laut surut yang menghubungankan pulau ini dengan pulau kecil lainnya.

Pulau Komodo

Pink Beach merupakan pantai menawan yang ada dalam kawasan Taman Nasional Komodo.

Siapa yang tidak kenal dengan The Land of The Dragon Princess? Pulau Komodo telah lama menjadi pilihan banyak wisatawan penghobi glamping, baik dalam dan luar negeri, untuk menghabiskan waktu liburan akhir tahun. Dapat diakses dengan mudah dari Labuhan Bajo menggunakan speed boat, Pulau Komodo menawarkan aktivitas wisata dan glamping yang beragam. Memiliki pantai unik berpasir merah jambu, lokasi ini menjadi tempat yang seru untuk aktivitas glamping. Apalagi ada jasa katering yang memungkinkan Anda dan teman-teman bisa menikmati beragam hidangan ala resto sambil menikmati hembusan angin pantai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.