Sukses

Kenali Destinasi Wisata Indonesia di Uang Rupiah Baru

Presiden Joko Widodo baru saja meluncurkan uang rupiah baru yang menampilkan enam destinasi wisata unggulan di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo baru saja meluncurkan uang rupiah baru di Gedung Bank Indonesia hari ini. Selain menampilkan gambar pahlawan dan tarian tradisional, sebagai bentuk melestarikan karakteristik sebuah bangsa, uang rupiah baru dengan tahun emisi 2016 ini juga menampilkan gambar destinasi wisata unggulan yang ada di Indonesia.

Presiden Joko Widodo sendiri mengatakan, "Setiap lembar rupiah bukti kemandirian Indonesia, kemandirian di tengah ekonomi dunia."

Berikut beberapa destinasi wisata yang ditampilkan dalam uang rupiah baru, seperti disusun tim Liputan6.com, Senin (19/12/2016).

Rp 1000, Banda Neira

Jangan kaget bila hari ini kamu menerima uang dengan gambar beda, karena itu adalah uang baru yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia. (Foto: BI)

Banda Neira merupakan surga kecil yang tersmbunyi di Pulau Maluku bagian tengah. Bukan hanya tersohor di Indonesia, pulau penghasil buah pala ini juga terkenal hingga ke daratan Eropa. Selain memiliki keindahn bawah laut yang menakjubkan, Banda Neira juga dikenal sebagai kawasan bersejarah bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia, pasalnya tempat ini pernah menjadi lokasi pengasingan Bung Hatta. Rumah Pengasingan Bung Hatta kini menjadi salah satu destinasi wisata sejarah yang bisa dikunjungi, selain Benteng Belgica dan Benteng Nassau.

Rp 2000, Ngarai Sianok

Uang rupiah baru pecahan Rp 2.000 kertas. (Foto: BI)

Ngarai Sianok yang berlokasi di barat daya Bukittinggi ini memiliki dua dinding bukit setinggi 100 meter. Di dasar jurang yang luas terdapat areal persawahan dan sungai yang berliku. Ngarai Sianok memiliki pemandangan yang epik di kala kabut menyelimuti dinding bukit. Ngarai Sianok juga memiliki keindahana matahari terbit yang terlihat dari balik Gunung Singgalan. 

Rp 5000, Gunung Bromo

Uang rupiah baru pecahan Rp 5.000 kertas. (Foto: BI)

Dengan ketinggian mencapai 2.329 meter di atas permukaan laut, gunung dengan kawah aktif ini kerap menjadi pilihan tujuan wisata bagi banyak orang yang datang ke Jawa Timur. Blok savana yang maha luas, pemandangan matahari terbit yang eksotis, hingga sakralnnya ritual Yadnya Kasada menjadi beberapa pemandangan epik yang bisa disaksikan di Gunung Bromo. Dilengkapi dengan beragam fasilitas penunjang, mulai dari toilet bersih dan penginapan, Gunung Bromo selalu menjadi pilihan banyak wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri.

Rp 10.000, Taman Nasional Wakatobi

Uang rupiah baru pecahan Rp 10 ribu kertas. (Foto: BI)

Wakatobi yang merupakan akronim dari empat pulau di Sulawesi tenggara, yaitu Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko, merupakan salah satu dari 10 destinasi prioritas yang telah ditetapkan Kementerian Pariwisata. Dengan luas bawah laut mencapai 1,39 juta hektar, Wakatobi menjadi surga bagi mereka yang hobi menyelam karena bawah lautnya memiliki beberapa jenis burung laut dan tiga jenis penyu langka di dunia.

Rp 20.000, Derawan

Uang rupiah baru pecahan Rp 20 ribu kertas. (Foto: BI)

Berbatasan langsung dengan Malaysia dan Filipna, Derawan menjadi salah satu pulau terluar di Indonesia dengan pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Pulau yang masuk dalam kawasan Kabupaten Berau, Kalimantan Timur ini kerap menjadi pilihan tepat bagi banyak orang yang menyukai wisata bahari. Ada lebih dari 50 jenis hewan laut dalam satu terumbu karang yang bisa dijumpai saat menyelam di pulau ini.

 

Rp 50.000, Taman Nasional Komodo

Uang rupiah Baru pecahan Rp 50 ribu kertas. (Foto: BI)

Taman Nasional Komodo terdiri dari tiga pulau besar, yaitu Pulau Komodo, Rinca, dan Padar, yang semuanya menjadi habitat asli bagi kawanan hewan purba Komodo. Taman nasional ini dapat dicapai menggunakan speed boat dari Labuhan Bajo yang terkenal dengan pemandangan matahari terbitnya yang menawan. Taman Nasional Komodo juga memiliki keindahan bawah laut yang menakjubkan, selain juga pantai dengan pasirnya yang berwarna merah jambu. Pantai berpasir langka yang hanya ada di tiga negara di dunia.

Rp 100.000, Raja Ampat

Uang rupiah Baru pecahan Rp 100 ribu kertas. (Foto: BI)

Siapa yang tidak kenal Raja Ampat? Keindahan alam dan budayanya sudah dikenal seantero jagat. Perairan Raja Ampat bahkan menjadi salah satu dari 10 perairan terbaik di seluruh dunia untuk diving site. Tak hanya itu, berbicara tentang flora dan fauna laut, raja Ampat didapuk menjadi perairan dengan kelengkapan flora dan fauna laut nomor satu di dunia. Raja Ampat dapat dicapai melalui Sorong menggunakan kapal laut selama sekitar 2,5 jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.