Sukses

7 Hal Menyebalkan yang Kerap Ditemui Saat Merencanakan Pernikahan

Sedang merencanakan pernikahan? Waspadai 7 hal berikut yang kerap menjadi masalah.

Liputan6.com, Jakarta Anda sudah menentukan tanggal pernikahan. Dalam waktu, 12, 6, 3, ataupun 1 bulan lagi, Anda akan segera mengikat janji dengan kekasih hati. Segala sesuatu sudah dirancang sedemikian rupa. Semakin dekat waktunya, semakin banyak tantangan dan tekanan yang bisa bikin sport jantung. Dilansir dari Buzzfeed, Jumat (16/12/2016) berikut beberapa contohnya.

1. Tiba-tiba banyak pemberi nasihat tanpa diminta 

Terutama dari mereka yang sudah menikah, pasti "gatal" untuk kasih tip-tip dan nasihat, apa yang harus dilakukan calon pengantin. Biasanya, mereka belajar dari pengalamannya dulu. Padahal, belum tentu saran mereka sesuai dengan kondisi Anda.

2. Memikirkan busana seragam para pengiring pengantin dan keluarga besar. 

Ternyata calon pengantin tidak hanya repot harus memikirkan gaun pengantin untuk dirinya sendiri, tetapi juga seragam yang harus dikenakan tim pengiring pengantin alias bridesmaid yang biasanya terdiri dari teman-teman terdekat Anda. Belum lagi, keluarga besar Anda, dan keluarga besar pasangan.

3. Menentukan lokasi pesta

Umumnya, calon pengantin harus memesan venue pernikahan jauh-jauh hari. Bahkan ada yang satu tahun sebelumnya, mengingat jika memilih tanggal di akhir pekan pasti sudah penuh. Belum lagi, biaya yang harus disiapkan.

4. Mempertahankan berat badan

Agar gaun pengantin bisa tetap muat dikenakan saat hari H, Anda harus menjaga bentuk tubuh tetap prima. Kalau perlu, ikuti program diet ala Kate Middleton yang dijatah 1500 kalori per hari.

5. Menentukan siapa yang akan diundang dan jumlah total undangan.

Semakin sedikit orang yang ingin Anda undang, semakin sulit menentukannya. Jangan-jangan nanti ada yang ngambek gara-gara tidak masuk daftar undangan Anda. Belum lagi, jika mengundang satu orang, itu berarti bisa saja yang datang dua, tiga, atau bahkan lima orang, karena ia membawa serta keluarganya. Bisa-bisa nanti jumlah jatah kateringnya tidak cukup.

6. Undangan cetak, Whatsapp, atau Facebook?

Banyak cara untuk mengundang orang. Masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya. Undangan cetak, punya keterbatasan geografis dan harganya juga tidak murah. Undangan via Whatsapp ataupun Facebook memang gampang, tapi, Anda tidak bisa memastikan siapa nanti yang akan hadir. Bagaimana jika undangan tersebut menjadi viral di internet?

7. Pesta impian seperti yang terlihat di majalah ternyata mahal selangit.

Siapa yang tidak tergoda dengan gambar-gambar indah pesta pernikahan yang dimuat di halaman majalah gaya hidup? Semua calon pengantin tentu menginginkan untuk mewujudkan pesta pernikahan impian, akan tetapi, yang perlu diingat, tetaplah menjejak bumi dengan bujet yang Anda miliki.

Ficky Yusrini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.