Sukses

Mau Jadi Freelancer Populer? Lakukan 5 Tips Kerja Ini

Ingin jadi freelancer yang populer? Jangan lupakan 5 tips kerja yang akan membuat Anda makin semangat kerja.

Liputan6.com, Jakarta Menjadi feelancer memang membutuhkan kemampuan yang beragam, serta relasi yang kuat. Tidak hanya itu, seorang freelancer juga dituntut menghasilkan karya-karya yang berbeda dari kebanyakan orang. Karena dengan karya mereka, seorang freelancer dapat dikatakan spesial dan memiliki nilai jual lebih. Untuk meningkatkan hal ini, lakukan 5 tips kerja ini agar freelancer semakin populer, seperti yang dirilis oleh lifehack.org, Senin (12/12/2016).

1. Buat portofolio pekerjaanmu secara online
Portofolio merupakan bukti penting bagi seorang freelancer karena menampilkan hasil karya yang pernah ia buat. Karena itu, untuk meningkatkan kepopuleran freelancer, Anda butuh meletakkan hasil karya secara online. Dengan begitu, setiap orang yang ingin menggunakan jasa Anda, dapat menetapkan pilihannya karena melihat hasil karya menarik yang pernah dilakukan sebelumnya.

2. Buat nama website yang menarik

Buat nama website yang menarik dan sederhana. Dengan nama yang sederhana, website Anda akan mudah diingat oleh orang lain dan bisa dicari dalam google dengan lebih mudah. Apalagi bila Anda mampu menggunakan Search Engine Optimization (SEO) dalam website yang baru dibuat ini. Penerapan SEO yang baik akan mampu mendongkrak popularitas Anda secara perlahan dan mempermudah calon pelanggan melihat profil melalui berbagai mesin pencari.

3. Buat profil yang jelas
Tentu tidak ada orang yang ingin mencari kucing dalam karung bukan? Untuk itu cantumkan profil yang jelas dalam website Anda. Baik pengalaman kerja dan bidang kerja yang kini sedang dilakukan. Dengan begitu, para mitra nantinya akan semakin mudah menyesuaikan antara tujuannya denngan kemampuan Anda yang beragam sehingga proyek yang akan dilaksanakan bisa berjalan dengan baik.

4. Bagikan portofolio di sosial media
Sosial media tentu memegang peranan penting dalam meningkatkan kepopuleran freelancer. Untuk itu, bagikan secara rutin berbagai portofolio pekerjaan Anda yang sudah dimasukkan ke dalam website, melalui media sosial. Dengan cara ini, informasi akan terus disebarkan, page view dari website Anda akan makin meningkat, dan portofolio makin mudah dilihat oleh calon pelanggan.

5. Tetap konsisten
Setelah website dan media sosial selesai dibuat, tetaplah konsisten melakukannya. Setiap pekerjaan yang telah selesai dikerjakan, simpan di dalam website dan sebarkan melalui media sosial. Dengan cara ini, Anda lebih mudah dikenali, memiliki pasar sendiri serta berpeluang meningkatkan popularitas di media sosial. Terus konsisten menjadi freelancer yang terus berkarya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini