Sukses

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mendaki Gunung Merbabu

Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan oleh pendaki pemula sebelum mendaki Gunung Merbabu.

Liputan6.com, Jakarta Menghabiskan waktu libur di hotel atau berkeliling kota mungkin sudah jadi hal yang biasa Anda lakukan. Berencana untuk melakukan sesuatu yang berbeda? Anda bisa coba dengan mendaki gunung. Selain melatih kesehatan fisik, kegiatan ini pun dipercaya dapat meredakan stres.

Untuk yang baru pertama kali melakukan kegiatan pendakian sebaiknya memilih Gunung Merbabu sebagai tujuan Anda. Hal tersebut bukan tanpa sebab, pasalnya selain memiliki pemandangan alam yang menawan, jalur treking yang "ramah pendaki" juga memudahkan para pendaki pemula untuk sampai ke puncak. 

Namun demikian perlu persiapan khusus sebelum melakukan pendakian ke Gunung Merbabu. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan para pendaki pemula sebelum melakukan pendakian ke Gunung Merbabu, seperti yang disusun tim Liputan6.com, Selasa (6/12/2016). 

Perencanaan Sebelum Berangkat
Rencanakan matang-matang niat untuk mendaki Gunung Merbabu. Untuk Anda yang pemula, Anda bisa memilih ikut open trip atau bergabung dengan teman-teman yang sudah memiliki pengalaman sebelumnya. Pikirkan pula waktu keberangkatan Anda. Waktu terbaik untuk mendaki gunung adalah bulan Juli sampa dengan September.

Siapkan Fisik & Mental
Persiapan fisik dan mental adalah hal utama yang perlu dilakukan sebelum mendaki Gunung Merbabu. Sebulan sebelum pendakian usahakan untuk melakukan cardio atau jogging secara rutin. Hal ini dapat membantu tubuh Anda agar cepat beradaptasi ketika melakukan pendakian. Maklum saja, mendaki gunung memang kegiatan fisik yang menguras tenaga. Gunung Merbabu sendiri memiliki tinggi mencapai 3.142 meter di atas permukaan laut. Dibutuhkan waktu sekitar 8 sampai 9 jam untuk bisa mencapai puncak dengan berjalan santai.

Persiapan Survival Kit
Alat tempur pendakian seperti sepatu atau sandal gunung harus dipilih yang paling nyaman agar terhindar dari potensi tergelincir saat mendaki. Persiapkan pula kebutuhan lain seperti tenda, sleeping bag, alat masak, kebutuhan logistik, dan lain-lain.

Pilih Jalur Selo Boyolali
Sebagai pendaki pemula, Anda bisa memilih jalur Selo Boyolali untuk bisa mencapai puncak Gunung Merbabu. Saat melewati jalur ini akan banyak pemandangan indah yang Anda temukan. Salah satunya adalah Padang Sabana yang yang terdapat di Pos Sabana I dan II. Padang Sabana ini disebut-sebut memiliki kemiripan dengan Pulau Kenawa, NTT. Bisa terbayang kan indahnya?

Bawa Kantung Sampah
Menjaga kebersihan alam tentu sudah jadi kewajiban semua orang. Untuk menghindari sampah-sampah yang menumpuk dari sisa-sisa logistik selama pendakian jangan lupa untuk membawa kantung sampah. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga kelestarian alam Gunung Merbabu tetap terjaga.

Liburan di manapun, jangan lupa untuk selalu cek Reservasi.com untuk dapatkan informasi diskon tiket pesawat dan promo hotel murah.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.