Sukses

Manjakan Mata dengan Indahnya Pemandangan Pulau Sangiang

Banten tak hanya memiliki Pantai Anyer dan Carita Saja. Ada juga Pulau Sangiang dengan pesona yang tak boleh Anda lewatkan keindahannya.

Liputan6.com, Jakarta Bagi masyarakat di Jakarta, Banten menjadi salah satu destinasi alternatif untuk menghabiskan waktu liburan singkat. Selain jaraknya tidak jauh dari pusat Kota Jakarta, Banten juga terkenal memiliki banyak destinasi wisata alam yang memukau, seperti Pantai Carita, Pantai Anyer, dan Pulau Sangiang yang sedang ramai diberitakan di media sosial.

Pulau Sangiang merupakan pulau kecil yang jaraknya berada sekitar 10 km dari Pantai Anyer. Pulau yang terletak di Desa Cikoneng, Banten, dikenal sebagai taman wisata laut. Bahkan banyak orang menjulukinya sebagai Seven Wonders of Banten.

Untuk sampai ke Pulau Sangiang, Anda perlu menyeberang sekitar satu jam menggunakan perahu dari Pantai Manuk yang ada di Anyer. Sebelum sampai ke pulau yang memiliki luas 700 hektar ini, Anda bisa mengunjungi berbagai spot wisata bahari seru selama perjalanan.

Pantai Tanjung Bajo

Beningnya Air di Pantai Tanjung Bajo, Pulau Sangiang, Banten (pulausangiang.com)

Spot di Tanjung Bajo (pulausangiang.com)

Setelah menyeberang dari Anyer, tempat pertama kali menginjakkan kaki di Pulau Sangiang adalah Pantai Tanjung Bajo. Sesampainya di sana, mata langsung dimanjakan dengan hamparan pasir putih yang menawan. Jika ombak tak terlalu kencang, tempat ini jadi spot yang tepat untuk snorkeling dan diving. Menyaksikan keindahan biota laut secara langsung tentu menjadi aktivitas wisata yang tak terlupakan.

Gua Kelelawar

Goa Kelelawar dengan Tebing Karang yang Curam (http://pejalanransel.com)

Akses menuju Gua Kelelawar memang sulit. Anda perlu treking menanjak melalui tebing-tebing yang lumayan curam karena memiliki tinggi sekitar 4-5 meter dari pantai. Walau lelah, semua akan terbayar dengan keindahan pemandangan laut dan karang dari Gua Kelelawar ini. Mengunjungi Gua Kelelawar sangat tidak disarankan untuk bermain air karena ombaknya yang kencang. Jadi, Anda hanya bisa berfoto-foto saja di sini.

Pantai Tanjung Raden

Pemandangan Terumbu Karang di Tanjung Raden (dirafacesofindonesia.com)

Sama seperti Tanjung Bajo, Pantai Tanjung Raden yang ada di Pulau Sangiang juga memiliki pasir putih yang lembut. Kekayaan biota lautnya pun tidak kalah. Berbagai macam tanaman seperti dadap laut, cemara laut, ketapang bayur, api-api, waru laut, nyamplung dan walikukum ada di sana. Tak hanya itu, berbagai fauna laut yang dilindungi seperti elang laut, burung camar, dan burung belibis juga bisa ditemukan di tempat ini. 

Ke manapun destinasi libur singkat yang Anda pilih, jangan lupa untuk selalu cek Reservasi.com untuk dapatkan tiket promo pesawat hingga Rp 1 juta. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.