Sukses

4 Kebiasaan yang Bisa Percepat Perceraian

Tidak diduga, 4 kebiasaan remeh ini ternyata dapat menjadi biang kerok perceraian rumah tangga

Liputan6.com, Jakarta Perceraian bukan hanya tentang masalah perasaan dan visi yang sudah tidak sepaham. Perceraian juga bisa dipicu dari beberapa kebiasaan.

Bahkan kebiasaan yang dimulai sebelum menjalani pernikahan. Berikut ini beberapa kebiasaan sehari-hari yang berpotensi mempercepat perceraian melansir dari bustle.com, Sabtu (26/11/2016) . Apalagi jika memang Anda sudah tidak sepaham.

Banyak mengeluarkan biaya pada pesta pernikahan
Pesta pernikahan mewah menjadi tolak ukur keluarga yang dipandang dapat mengangkat harkat dan martabat keluarga. Namun, mengeluarkan biaya fantastis saat resepsi pernikahan dapat menyebabkan pasangan cepat bercerai karena mengganggu stabilitas keuangan keluarga. Bila gengsi lebih diutamakan ketimbang kelangsungan pernikahan, waspada jika banyak pasangan baru akan segera bercerai.

Pulang pergi kerja lebih dari 45 menit
Anda memiliki pekerjaan di lokasi yang jauh sehingga harus menghabiskan waktu hingga 45 menit untuk berangkat kerja? Ini merupakan tanda buruk bagi hubungan pernikahan Anda.

Menurut penelitian tahun 2013, 14% pasangan yang bercerai mengalami permasalahan karena tempat kerja yang jauh. Hal ini memancing stres dan berujung ketidakharmonisan keluarga, hingga ahirnya memilih bercerai.

Terlalu banyak memakai media sosial
Menurut penelitian, banyak pasangan yang menyalahkan media sosial seperti facebook dan menjadikannya alasan untuk bercerai. Seperti di Britania Raya, sekitar sepertiga kasus perceraian diawali karena media sosial. Jadi mulai gunakan media sosial secara bertanggung jawab bisa untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. 

Tidak melakukan pekerjaan rumah tangga
Memberikan segala urusan rumah tangga kepada istri merupakan kebiasaan yang dapat menyebabkan hubungan pernikahan retak. Banyaknya tanggung jawab yang diemban suami biasanya menjadi alasan pihak suami tidak ingin ikut serta dalam pekerjaan rumah tangga.

Cara menghindarinya adalah dengan memberikan perhatian lebih pada istri saat ia mengerjakan tugas rumah tangga. Baik dengan kata-kata semangat atau perbuatan yang membuat istri nyaman di rumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.