Sukses

Kesalahan Ini Tanpa Sadar Kerap Anda Lakukan Saat Liburan

Ada beberapa kesalahan yang tanpa sadar seringkali dilakukan saat liburan. Apa saja ya?

Liputan6.com, Jakarta Berlibur merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk Anda melepas penat dari segala padatnya aktivitas. Nyatanya, masih banyak wisatawan yang tidak memanfaatkannya dengan baik dan justru membuat waktu liburan menjadi tak berkesan.

Seperti yang dilansir dari huffingtonpost.uk, Senin (28/11/2016), ada beberapa kesalahan yang tanpa disadari seringkali dilakukan saat liburan. Mungkin saja kesalahan ini juga pernah Anda lakukan saat liburan.

Shutterstock.com

  • Terlalu kaku dengan rencana yang sudah dibuat seperti pemilihan tempat wisata, akomodasi yang akan dipakai, jenis makanan yang akan dicoba, dan lain sebagainya. Cobalah untuk lebih bersikap fleksibel dengan rencana yang sudah dibuat, jadi jika ada beberapa rencana yang tidak berjalan Anda tidak akan merasa bad mood atau stres
  • Sibuk berfoto dengan ponsel atau kamera. Padahal, beberapa momen berharga saat liburan harus dirasakan oleh seluruh panca indera Anda.
  • Over posting. Terlalu sibuk mengunggah seluruh kegiatan liburan Anda justru bisa membuat Anda melewatkan momen menarik.
  • Tidak mau menjelajahi tempat wisata yang dikunjungi. Sayang sekali jika hanya menghabiskan waktu liburan di hotel tempat Anda menginap dan makan di restoran cepat saji.
  • Tidak ada usaha untuk berkomunikasi dengan penduduk lokal. Padahal, berkomunikasi dengan penduduk lokal bisa membuat Anda merasa lebih mengenal lokasi wisata yang sedang Anda kunjungi. Jika belum percaya diri mengobrol dengan penduduk lokal mulailah dengan percakapan kecil, seperti menanyakan arah atau meminta rekomendasi restoran lokal yang enak
  • Tidak menghargai norma dan nilai budaya lokal yang berlaku di lokasi wisata.
  • Overpacking. Terlalu banyak membawa barang saat liburan tentu bisa membuat Anda repot. Bawalah pakaian secukupnya.
  • Hanya terpaku pada tipe liburan yang itu-itu saja. Tak ada salahnya mencoba hal baru saat liburan. Misalnya liburan ala backpacker atau menjadi solo traveler.
  • Terlalu bergantung pada kartu kredit. Tidak semua tempat wisata menerima transaksi dengan kartu kredit. Jadi, jangan lupa untuk membawa uang tunai saat liburan.
  • Bersikap ceroboh saat liburan. Ini yang cukup sering terjadi saat liburan. Berlaku ceroboh dengan menyimpan barang berharga di tempat terbuka, lupa membawa passpor saat bepergian, lupa membuat visa, atau salah jadwal penerbangan.

Jangan lupa untuk manfaatkan waktu liburan dengan baik dan selalu cek Reservasi.com untuk mendapatkan diskon tiket pesawat hingga Rp1juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.