Sukses

6 Cara Hilangkan Jet Lag Saat Liburan yang Jarang Diketahui

Berikut enam cara menghindari dan meminimalisir jet lag setelah dan saat berlibur jauh.

Liputan6.com, Jakarta Kembali dari perjalanan jauh setelah liburan dan merasakan sulit untuk tidur kemungkinan besar Anda masih mengalami jet lag. Jet lag merupakan hal yang dialami secara alami. Anda tidak bisa menghindarinya namun setidaknya bisa meminimalisir agar tidak mengganggu tidur Anda.

Seperti yang dilansir dari situs Boldsky, Minggu (27/11/2016), berikut enam cara hilangkan jet lag setelah menjalani perjalanan udara yang panjang saat liburan.

1. Merencanakan waktu tidur sebelum penerbangan

Agar mengurangi efek jet lag setelah berlibur Anda dapat melakukan perencanaan yang baik, salah satunya adalah waktu tidur. Beberapa hari sebelum perjalanan, secara teratur Anda dapat menyesuaikan waktu tidur dengan kebiasaan orang-orang di tempat tujuan Anda. Jadi perubahan pola tidur tidak terlalu berpengaruh pada Anda saat mendarat di tempat yang baru.

2. Makanan yang sehat

Liburan membuat pola makan Anda tidak teratur. Hal ini dapat ditolerir karena Anda hanya bisa memakannya saat mengunjungi negara tersebut saja. Namun, Anda tetap harus membatasi pilihan makanan yang ekstrem agar tidak membuat kondisi tubuh Anda memburuk saat perjalanan jauh, seperti kafein dan alkohol yang berlebihan. Perbanyak mengonsumsi air dan pilihlah menu salad untuk memperlancar pencernaan Anda.

6 Cara Hilangkan Jet Lag Saat Liburan yang Belum Diketahui

Mengubah jam Anda dengan segera

3. Mengubah jam Anda dengan segera

Segeralah untuk menyesuaikan penunjuk waktu Anda seperti jam tangan atau jam pada ponsel untuk mengikuti jam tempat tujuan sesaat sebelum keberangkatan. Meski Anda memiliki perbedaan waktu yang ekstrem sekalipun, cara ini dapat mengurangi jet lag yang Anda rasakan ketika tiba di tempat tujuan.

6 Cara Hilangkan Jet Lag Saat Liburan yang Belum Diketahui

4. Tetap tenang

Saat Anda merasakan jet lag di negara tujuan liburan, atau kembali dari perjalanan panjang, cobalah untuk tetap santai. Rencanakan perjalanan dengan baik, makanan yang sehat, dan bayangkan bersama orang-orang yang baik. Anda akan menjalani liburan dengan menyenangkan dan kembali dengan bahagia yang mengurangi kelelahan setelahnya.

Jangan terlalu banyak tujuan liburan

5. Jangan terlalu banyak tujuan liburan

Hindari untuk merencanakan berkunjung ke banyak tempat dengan waktu yang singkat. Jika Anda hanya memiliki waktu libur empat hari, cobalah untuk menghabiskan waktu liburan di satu tempat liburan saja. Tubuh Anda akan terlalu lelah dan sulit membiasakan pada tempat baru jika Anda berpindah tempat dalam waktu singkat.

6 Cara Hilangkan Jet Lag Saat Liburan yang Belum Diketahui

6. Hindari tidur siang

Anda dapat menahan diri dari tidur siang saat berlibur ke luar negeri. Anda dapat tidur lebih nyaman di malam hari, jika Anda tidak tidur di siang harinya. Usahakan untuk tidur malam tidak lebih dari pukul 10 malam, agar Anda terbangun lebih segar dan siap melanjutkan liburan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jet lag sebenarnya bukanlah suatu penyakit, melainkan respons tubuh yang wajar ketika seseorang mengalami perubahan zona waktu yang ekstrem.

    Jet Lag

  • Liburan