Sukses

10 Jurus Ampuh Hilangkan Stres Seketika

Cobalah beberapa teknik berikut ini untuk membantu meredakan stres s

Liputan6.com, Jakarta Stres dapat muncul setiap saat dengan berbagai tingkat intensitas yang berbeda. Seperti saat pekerjaan menumpuk, hingga saat dimarahi atasan. Bahkan stres dapat mempengaruhi kondisi kesehatan kita.

Secara fisiologis, stres adalah respon tubuh kita terhadap situasi yang mengancam kehidupan. Ketika kita merasa terancam, sistem saraf kita merespon dengan melepaskan hormon stres seperti adrenalin dan kortisol.

Dalam situasi darurat stres dapat membantu kita tetap waspada, dan memberi kita kekuatan super untuk keluar dari bahaya.

Cobalah beberapa teknik berikut ini untuk membantu meredakan stres seperti dikutip dari situs Lifehack, Jumat (18/11/2016).

1. Fokus pada napas Anda

Pikiran secara langsung berhubungan dengan napas Anda. Jika Anda mulai merasa cemas, kemungkinan besar Anda bernapas terlalu cepat.

Perlambat napas Anda untuk menyeimbangkan pikiran dengan menghirup selama hitungan 5 detik, lalu menahan napas selama 5 detik, dan buang napas selama 5 detik.

2. Tenang

Tenangkan pikiran dan tubuh Anda kembali dengan menyeimbangkan energi Anda. Gunakan sebuah teknik yoga kuno untuk mendinginkan pikiran dan tubuh, pranayam shitali.

Buka mulut Anda sedikit, menggulung lidah Anda. Bernapas melalui mulut dan keluar melalui hidung. Jika Anda tidak dapat menggulung lidah Anda, tarik napas melalui mulut berbentuk huruf O. Cobalah teknik ini selama 2-3 menit.

3. Jeda

Jika Anda bereaksi terlalu cepat selama situasi stres, ada kemungkinan Anda akan melakukan sebuah hal yang bisa membuat Anda menyesal. 

Ubah pola pikir dan segera luangkan waktu atau jeda untuk bernapas dan menenangkan diri. Baru kemudian, Anda dapat merespon secara lisan atau mengambil tindakan.

Keluar ke alam bebas

4. Nikmati alam bebas

Menyegarkan diri di alam bebas dapat menenangkan diri secara instan. Anda bisa duduk di pantai untuk mendengar gelombang ombak, berjalan menyusuri hutan, mendengarkan suara air terjun, atau mendaki gunung. Biasanya pikiran akan kembali ke dalam perspektif yang positif.

5. Olahraga dengan penuh kesadaran

Olahraga melepaskan adrenalin alami dan endorfin yang membuat tubuh Anda akan merasa lebih baik. Olahraga dapat membuat tubuh fit dan peredaran darah berjalan lebih lancar.

Berolahraga saat waktu makan siang Anda, juga memungkinkan Anda untuk tetap fokus dan tenang ketika Anda kembali bekerja.

6. Mandi air dingin

Hidroterapi adalah ilmu yang tepat dan bermanfaat bagi tubuh serta pikiran. Hal ini juga dipercaya dapat mengurangi stres, mandi dengan air bersuhu dingin dapat membuat tekanan darah kembali normal. Proses ini memperlancar kerja sistem kelenjar. Mulai tuangkan air dari kaki, tangan, dan lengan.

Mendengarkan musik santai

7. Mendengarkan musik santai

Musik memiliki kekuatan untuk langsung mengubah energi. Pilih musik yang dapat membantu menciptakan pikiran yang lebih positif.

8. Rasa syukur

Ketika Anda sedang stres, coba kendalikan pikiran Anda. Terkadang stres hadir karena Anda memiliki pola pikir negatif. Beristirahat dan syukuri apa yang Anda miliki dalam hidup Anda, stres pun akan mereda.

9. Visualisasikan kesuksesan

Cegah pikiran Anda dari skenario terburuk. Fokuskan seluruh perhatian Anda pada apa yang Anda ingin wujudkan dalam hidup Anda. Jangan membayangkan apa yang tidak Anda inginkan terjadi.

10. Minum smoothies hijau

Smoothies sayuran hijau adalah cara yang baik untuk menjaga semua asupan nutrisi.

Smoothie hijau juga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda, menghilangkan hasrat yang tidak sehat penyebab stres, dan memberikan otak Anda lebih banyak energi. Coba kangkung, bayam, jahe, dan lemon dengan tambahan pisang dan blueberry.

 

Tera Tri Yusepi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.