Sukses

Tips Mudah Membersihkan Perhiasan Emas dan Perak

Berikut cara mudah dan praktis membersihkan perhiasan emas dan perak agar kembali kinclong.

Liputan6.com, Jakarta Beragam jenis perhiasan memerlukan jenis pemeliharaan dan perawatan yang maksimal, termasuk perhiasan emas dan perak.

Tanpa disadari, sisa kotoran, polusi udara dan debu kerap menempel pada perhiasan emas dan perak. Kesan kilap juga akan berkurang setelah beberapa lama perhiasan sering digunakan.

Berikut beberapa cara mudah untuk membersihkan dan merawat perhiasan emas dan perak seperti dikutip dari situs Boldsky, Sabtu (19/11/2016)

1. Sabun Pencuci Piring

Ambil satu wadah yang telah di isi air hangat. Kemudian, tambahkan beberapa tetes sabun pencuci piring dan rendam perhiasan emas dalam larutan ini selama beberapa waktu. Lalu, ambil sikat gigi dan sikat tepi-tepi perhiasan, sehingga kotoran keluar dengan mudah. Lalu rendam perhiasan di dalam wadah berisi air bersih dan keringkan dengan kain bersih dan lembut.

2. Pasta gigi

Gunakan sedikit pasta gigi dan oleskan pada perhiasan. Kemudian, gosok perhiasan dengan menggunakan sikat gigi bekas. Gunakan pasta gigi dengan formula ringan, untuk menghilangkan kotoran dengan mudah tanpa melenyapkan efek kilap yang ada pada perhiasan. Kemudian, rendam perhiasan dalam air hangat selama 5 menit. Keringkan dengan kain lembut.

Amonia

3. Amonia

Ambil beberapa amonia bubuk dan campurkan dengan air hangat. Kemudian, rendam perhiasan emas dalam larutan ini dan angkat dalam waktu kurang dari dua menit. Bersihkan tepi dan sudut menggunakan kuas dan cuci dengan air bersih.

Amonia akan membantu membersihkan perhiasan emas dengan mudah, namun pastikan perhiasan tidak memiliki aksen mutiara atau segala jenis permata.

4. Garam mandi

Garam mandi sangat baik untuk mencuci perhiasan perak Anda. Ambil air panas dan tambahkan garam ke dalamnya. Kemudian rendam semua perhiasan perak dalam larutan ini dan tunggu beberapa saat.

Ambil kuas dan bersihkan sudut-sudut perhiasan dan cuci sekali lagi dengan air bersih. 

Semir perak

5. Semir perak

Menggunakan semir perak adalah salah satu di antara metode yang baik untuk membersihkan perhiasan perak. Semir perak sudah tersedia di pasar dan dapat membantu untuk membersihkan ornamen perak Anda. Hal ini juga dapat dilakukan untuk menghilangkan noda membandel dan menghilangkan kotoran dengan mudah. Oleskan semir perak pada perhiasan dan bersihkan dengan kain, lalu bilas dengan air dingin. Pastikan Anda tidak terlalu sering menggunakan semir, karena mungkin dapat memudarkan warna.

6. Aluminium Foil

Ambil beberapa aluminium foil dan bentangkan dalam wadah. Kemudian letakkan perhiasan perak di atasnya dan percikan sedikit baking soda. Kemudian, ambil air hangat dan tuangkan pada perhiasan perak. Lakukan ini selama beberapa kali untuk membersihkan perhiasan dan membuatnya kembali bersinar.

 

Tera Tri Yusepi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini