Sukses

Jangan Panik, Berikut 5 Hal yang Harus Dilakukan Jika Tersesat

Anda tiba-tiba tersesat saat traveling? Jangan panik lakukan 5 hal berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Bepergian dan traveling ke sebuah daerah baru memang menyenangkan. Berbagai pengalaman baru dan tantangan bisa didapatkan saat melakukan perjalanan. Namun apa jadinya jika saat bepergian Anda tersesat. Dilansir dari 1000traveltips.com Kamis, (17/11/2016) Berikut yang harus Anda lakukan.

Jangan Panik
Tetap tenang saat Anda menyadari bahwa Anda berada di tempat asing dan tidak tahu arah mana yang harus dituju. Kepanikan justru tidak dapat membantu Anda untuk tetap berpikir jernih dan menentukan langkah selanjutnya. Tarik napas dan tumbuhkan keyakinan bahwa Anda bisa menemukan jalan yang benar.

Bantuan Smartphone
Teknologi bisa membantu Anda dalam kondisi tersesat di perjalanan. Global Positioning System (GPS) yang terdapat dalam smartphone bisa dimanfaatkan untuk menunjukkan dimana lokasi Anda berada saat itu. Jika Anda tersambung dengan koneksi internet Anda bisa langsung mencari informasi arah mana yang harus dituju dari posisi anda saat itu.

Ikuti Papan Petunjuk

Ikuti Papan Petunjuk
Anda beruntung jika saat bepergian ke suatu tempat yang asing, Anda masih menemukan papan petunjuk jalan. Dalam kondisi tersesat Anda bisa mengikuti papan petunjuk ini setidaknya untuk menemukan pusat informasi yang aman dan terpercaya. Di tempat yang asing pastinya kita tidak bisa bertanya pada sembarang orang.

Cari Bangunan Terkenal
Ada baiknya ketika bepergian ke suatu tempat terutama tempat yang belum pernah dikunjungi, terlebih dulu mencari informasi mengenai hal-hal umum yang dikenal oleh masyarakat setempat, termasuk bangunan terkenal di sana. Anda akan lebih mudah bertanya tentang tempat yang terkenal di suatu tempat pada masyarakat sekitar, saat mencari arah bila tersesat.

Tetap Tersambung dengan Internet

Tetap Tersambung dengan Internet
Teknologi benar–benar akan mempermudah Anda untuk mengetahui banyak hal. Termasuk ketika Anda tersesat. Peta perjalanan, informasi destinasi wisata, informasi suatu tempat, serta sarana transportasi yang bisa digunakan semuanya bisa Anda dapatkan dengan internet. Jadi pastikan baterai smartphone Anda selalu terisi penuh dan Anda memiliki jaringan internet untuk membantu anda bila tiba-tiba tersesat.

Persiapan untuk perjalanan dan traveling ke sebuah daerah asing pastinya sangat diperlukan, termasuk persiapan jika Anda terpaksa berada dalam keadaan tersesat di perjalanan. 

Melia Citra

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini