Sukses

Berburu Oleh-oleh Eksotis di Souk Medinat Dubai

Ketika melakukan perjalanan ke Dubai, Uni Emirat Arab, Liputan6.com pun mencoba mencari oleh-oleh otentik kota tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Saat berpergian, oleh-oleh menjadi hal yang kerap terlintas di kepala. Tentu saja, sebab hal itu merupakan bagian dari budaya Indonesia. Ketika melakukan perjalanan ke Dubai, Uni Emirat Arab, Liputan6.com pun mencoba mencari oleh-oleh otentik kota yang terkenal dengan bangunan Burj Khalifa itu. Salah satu tempat yang disarankan yakni Souk Medinat Jumeirah.

Tempat ini berlokasi di Jumeirah, sebelah timur The Palm Jumeirah, pulau buatan yang dibangun dengan reklamasi oleh Nakheel, sebuah perusahaan yang dimiliki pemerintah Dubai. Souk Medinat memang terlihat eksotis dengan interior ala Timur Tengah.

Dengan tembok semen berwarna cokelat dan lantai batu. Aksen kayu-kayu melintang di area atap yang mendatar menambah khas bangunan di sana.

Toko-toko aksesori seperti gantungan kunci, pajangan, dan kerajinan lainnya pun melimpah di tempat ini. Perhiasan yang terbuat dari perak dan tembaga dengan hiasan kristal juga dapat ditemui dengan mudah.

Souk Medinat Jumeirah, Dubai. Foto: Liputan6.com/Unoviana Kartika

Jika ingin lebih terkesan dengan benda-benda berbau Arab, seperti kondura (gamis untuk pria), abaya, sejadah, pashmina, hingga sorban, Anda juga dapat menemukannya di Souk Medinat.

Layaknya pasar tradisional, tawar menawar dapat terjadi di sini. Anda pun harus pandai menawar untuk mendapatkan harga yang sesuai. Seringkali pedagang menawarkan harga lebih tinggi daripada standar, sehingga Anda harus jeli melihat harga. Jangan asal pasrah menerima harga yang diberikan pedagang karena bisa saja harganya berkali-kali lipat daripada seharusnya.

Souk Medinat Jumeirah, Dubai. Foto: Liputan6.com/Unoviana Kartika

Sudah puas berkeliling dan mencari oleh-oleh, Anda dapat melepas lelah di restoran pinggir sungai yang juga terdapat di sana. Lokasi dihiasi pohon kurma yang membuat Anda merasakan pemandangan baru. Dari lokasi ini Anda juga dapat melihat Burj Al Arab, bangunan yang juga khas asal Dubai yang juga terdapat di Jumeirah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.