Sukses

Jangan Berolahraga Saat Langit Gelap, Ini Alasannya

Ternyata ini waktu berolahraga yang paling tepat.

Liputan6.com, Jakarta Bangun dari tempat tidur saat matahari masih masih terbenam untuk jogging bukan hal yang mudah. Tak peduli berapa banyak jenis alarm yang Anda gunakan, memaksa diri untuk berolahraga saat hari masih gelap memang bukan hal yang menyenangkan. Apakah olahraga setelah bekerja pilihan yang lebih baik? Tidak juga.

Dilansir dari Marieclaire.co.uk pada Kamis (3/11/2016), ternyata Anda tak perlu merasa bersalah saat menekan tombol snooze di pagi hari. Menurut studi yang dilakukan oleh Northwestern University, Chicago, olahraga saat hari sudah terang akan lebih bermanfaat bagi Anda. Mengapa? Karena otot-otot tubuh manusia bekerja paling efisien saat tubuh sudah benar-benar bangun, yang artinya Anda akan merasa fit lebih cepat.

Para peneliti juga menemukan bahwa saat otot tubuh sedang dalam keadaan tidak aktif, daya serap tubuh terhadap gula dan produksi asam laktat akan terhalang. Dr Joseph Bass, pemimpin penelitian, mengatakan, "Oksigen dan jam biologis tubuh melakukan 'dansa' di dalam sel otot tubuh untuk memproduksi energi, dan pemilihan waktu berolahraga sangat berpengaruh seberapa baik 'dansa' tersebut tersinkronisasi."

Kemampuan sel tubuh untuk menjalankan fungsinya bergantung pada waktu. Para ilmuwan pun sedang mencoba mencari cara untuk memanipulasi respons oksigen dalam sel dengan melakukan pengaturan jam biologis tubuh.

"Kami tidak mengatakan bahwa atlet hanya dapat berlatih pada waktu tertentu," Dr Josep Bass menjelaskan. "Namun, mereka mungkin dapat mengambil keuntungan dari informasi ini mengetahui kapan otot dapat berfungsi paling maksimal."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.