Sukses

Mengenal 6 Jenis Bedak Wajah dan Fungsinya

Yuk kita kenali 6 jenis bedak wajah dan kegunaannya.

Liputan6.com, Jakarta Bedak wajah adalah salah satu perlengkapan makeup yang wajib dimiliki setiap wanita. Bedak juga menjadi salah satu produk makeup yang kerap digunakan hampir setiap saat. Beragam jenis bedak hadir di pasaran dengan fungsi yang berbeda-beda. Pilihlah tekstur atau bentuk bedak yang sesuai dengan jenis wajah Anda. Tak hanya itu, sesuaikan juga jenis bedak yang Anda pilih dengan tujuan atau jenis acara yang akan Anda hadiri.

Bedak Tabur (Loose Powder)

Bedak tabur adalah bedak yang bertekstur ringan dan biasanya digunakan setelah memakai alas makeup (foundation) atau pelembab terlebih dahulu. Bedak ini juga dapat digunakan untuk semua jenis kulit, khususnya bagi Anda yang berminyak. Bedak ini sangat dianjurkan mudah menyerap minyak berlebih di wajah dan mampu menutupi pori-pori wajah dengan baik. 

Karena berbentuk bubuk, bedak tabur memang terasa kurang praktis untuk dibawa kemana-mana karena gampang tumpah, dan mudah tercecer.
Gunakan bedak tabur yang warnanya cocok dengan warna kulit Anda.

Pilih warna beberapa tingkat lebih terang dari kulit kamu. Dan sebaiknya gunakan bedak tabur di daerah dahi, hidung dan dagu. Hindari menggunakan bedak tabur hingga di pinggir-pinggir wajah karena menyebabkan hasil yang tidak natural pada kulit wajah. Pulas bedak tabur setelah foundation agar foundation lebih tahan lama dan tepuk tepuk dengan spons agar wajah tidak terlihat mengkilap.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Bedak Padat

2. Bedak Padat (Compact Powder)

Bedak padat memiliki fungsi yang sama dengan bedak lainnya, tetapi bedak padat memiliki tekstur yang padat, sehingga lebih praktis dan bisa digunakan setelah pemakaian alas bedak.

Dibandingkan bedak tabur, bedak padat partikelnya lebih kecil dan padat sehingga mudah dibaurkan pada permukaan kulit wajah dan menutup pori-pori dengan sempurna. Selain itu bedak padat juga mampu bertahan lama pada wajah, dan mudah dibawa kemana pun.

Setelah usai beraktivitas, gunakan remover untuk membersihkan sisa riasan agar tidak menyumbat pori-pori wajah dan berisiko menimbulkan jerawat. Hati-hati saat mengaplikasiannya, jangan menambahkan bedak padat saat wajah berkeringat karena akan membuat wajah terlihat seperti topeng.

Bedak ini cocok untuk kulit wajah kering, sedangkan untuk Anda yang memiliki wajah berminyak bedak ini kurang disarankan. Pilih bedak padat yang memiliki formula bebas minyak atau oil free untuk Anda yang memiliki kulit berminyak.

3 dari 6 halaman

Bedak Two Way Cake

3. Bedak Two Way Cake

Bedak ini bentuknya sama dengan compact powder, tetapi memiliki kandungan dan fungsi yang berbeda. Bedak ini memliki fungsi ganda sebagai bedak dan foundation. Bedak ini memilki formula yang cenderung berat dan berminyak, namun dapat bertahan lama walau dipakai seharian. Bedak jenis ini cocok untuk dikenakan untuk menghadiri acara-acara resmi dan glamor yang membutuhkan makeup tebal, dan jangan digunakan untuk riasan sehari-hari.

Bedak ini sangat praktis dan jika dipakai sebagai foundation, karena mampu menyerap minyak berlebih dengan baik. Namun perlu diketahui, bedak ini tidak mampu menutupi flek hitam pada wajah dengan sempurna. Bagi Anda yang memiliki wajah berminyak hindari penggunaan bedak ini karena dapat menyumbat pori-pori wajah dan menyebabkan timbulnya jerawat.

4 dari 6 halaman

Bedak Glitter atau Shimmering Powder

4. Bedak Glitter atau Shimmering Powder

Bedak dengan kandungan glitter bertekstur seperti bedak tabur, tapi memiliki warna yang lebih beragam. Bedak ini mengandung glitter atau bubuk kilap sehingga membuat wajah Anda terlihat lebih berkilau dan bercahaya. Bedak glitter biasa dipakai untuk acara-acara glamor, sehingga tidak cocok dipakai dalam makeup harian. Bedak ini biasanya digunakan oleh para makeup artis untuk memberikan kesan glamor pada riasan.
Bedak ini bentuknya halus, berwarna dan memiliki serbuk-serbuk yang berkilauan. Selain itu, glitter powder juga dapat diaplikasikan pada anggota tubuh yang terbuka seperti pada leher, punggung, dan lengan.

5 dari 6 halaman

Bedak Meteorite

5. Bedak Meteorite

Bentuk bedak ini bulat-bulat kecil dan berwarna warni. Bedak ini dipakai setelah usai mengaplikasikan makeup sebagai sentuhan akhir agar wajah terlihat bersemu natural. Untuk mengaplikasikannya, Anda harus menggunakan kuas besar dan sapukan ke seluruh wajah. Riasan wajah akan terlihat lebih bercahaya dan segar. Biasanya, bedak jenis ini harganya lumayan mahal dan masih sulit ditemukan di pasaran.

6 dari 6 halaman

Bedak Cair

6. Bedak Cair (Liquid Powder)

Liquid powder adalah jenis bedak  cair yang biasa dipakai oleh makeup artis sebagai tambahan makeup base untuk memperkuat tampilan riasan. Bertekstur cair, bedak ini sangat mudah menempel dan menutupi kulit sehingga warnanya sangat terlihat natural. Namun dalam pengaplikasiannya Anda harus berhati-hati, gunakan kuas atau spons agar tidak belang dan merata dengan baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.