Sukses

8 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Bertunangan dengan Kekasih

Anda akan bertunangan dalam waktu dekat? Berikut 8 hal yang harus Anda ketahui sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta Pertunangan adalah salah satu pengalaman yang paling menarik dalam hidup dan paling dinanti. Hal ini juga menandakan hubungan asmara Anda akan menuju ke jenjang pernikahan.

Untuk itu, Anda harus benar-benar berpikir matang untuk memastikan apakah Anda benar-benar siap untuk mengambil keputusan penting ini. Sebab, wanita atau pria inilah yang akan mendampingi Anda menghabiskan sisa hidup.

Berikut 9 hal yang harus Anda ketahui sebelum melamar kekasih Anda seperti dikutip Lifehack. Kamis (13/10/2016).

1. Apakah Tujuan Hidup Pasangan Anda?
Tanyakan apa tujuan hidupnya dan beritahu apa tujuan hidup Anda, lalu selaraskan. Sebab jika tidak selaras di awal, bersiaplah hadapi kehidupan pernikahan yang rumit.

Misalnya, soal anak.Jika Anda ingin anak-anak tetapi calon istri Anda tidak, Anda perlu hati-hati mempertimbangkan apakah ini hal yang bisa Anda kompromikan tanpa menjadi benci atau penuh penyesalan.

2. Apakah menikah lebih penting dibanding keinginan lainnya bagi Anda?

Beberapa individu yang senang hidup bersama dengan seseorang selama sisa hidup mereka selama ini, dan tidak merasa perlu untuk melegalkan komitmen mereka. Pastikan pasangan Anda terbuka untuk pernikahan sebelum Anda membeli sebuah cincin pertunangan.

3. Dapatkah Anda berjuang secara jujur?

Setiap pasangan sering berbeda berpendapat. Namun ini bisa diatasi dengan semakin mengenal satu sama lain. Kejujuran dibutuhkan untuk membiarkan pasangan Anda tahu kapan ada sesuatu yang membuat Anda kesal, dan ini dapat menyebabkan perkelahian.

Konselor telah menunjukkan bahwa perkelahian bukan hanya normal, tetapi dapat menjadi cara yang sangat sehat untuk menangani konflik. Tentu saja hal tersebut dapat bekerja jika Anda berkomitmen untuk jujur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jenis cincin seperti apa yang diinginkan pasangan Anda?

4. Jenis cincin seperti apa yang diinginkan pasangan Anda? Penting bagi Anda untuk tahu

Saat Anda ingin melamar pasangan Anda, pilihlah cincin yang benar-benar diinginkannya. Ada banyak cara halus untuk mengetahui apa yang akan mereka sukai. Anda juga dapat bertanya pada sahabatnya. Atau, jika Anda berdua secara terbuka mendiskusikan kemungkinan atau bertunangan, tanyakan langsung padanya jenis cincin apa yang disukai.

5. Apa jenis lamaran yang akan disukai pasangan Anda?

Lamaran dengan flash mob mungkin populer, tetapi ini tidak berarti bahwa flash mob adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Pastikan untuk menyesuaikan lamaran sesuai dengan kebutuhan pasangan Anda. Berikan sentuhan keistimewaan untuk menggabungkan setidaknya satu aspek dari hubungan Anda.

Misalnya, jika Anda berdua suka membaca, Anda bisa memasukkan cincin pertunangan dalam buku dan mengundangnya untuk membaca di bawah pohon dengan Anda. Suasana romantis yang menyentuh akan dinikmati bersama-sama.

6. Anda Berani untuk Menikah?

Menikah membutuhkan biaya yang cukup besar. Apakah tabungan Anda sudah cukup? Tak hanya itu, setelah menikah Anda juga harus siap menanggung bersama seluruh biaya rumah tangga. Apakah Anda siap? Beranikah Anda melangkah?

3 dari 3 halaman

Apakah Calon Pasangan Anda Suka Cara Tradisional atau modern?

7. Apakah Calon Pasangan Anda Suka Cara Tradisional atau modern?

Hal lain yang perlu Anda tahu sebelum meminta pasangan Anda untuk menikah dengan Anda adalah apakah dia memiliki cara berpikir tradisional tentang pertunangan atau tidak. Jika iya, Anda mungkin perlu meminta izin kepada Ayahnya sebelum Anda bergerak maju.

8. Apakah Anda berdua siap bertunangan?

Pasangan Anda mungkin ingin menikah di masa depan, tetapi apakah Anda tahu pasti bahwa mereka siap untuk menikah sekarang? Penelitian menunjukkan bahwa hampir 25 persen wanita telah menolak lamaran pernikahan.

Beragam alasan menunjukkan bahwa perempuan memilih untuk tidak mengatakan ya, termasuk berbahagia dengan jenis lamaran yang mereka terima. Pastikan untuk meluangkan waktu untuk mencari tahu apakah mereka siap untuk bertunangan. Jangan meremehkan pentingnya proses pertunangan itu sendiri.

Melamar seseorang adalah salah satu keputusan terbesar yang pernah Anda buat. Sebelum Anda bergerak maju dengan membuat rencana, pastikan dia adalah orang yang tepat untuk menemani Anda seumur hidup . Setelah Anda memutuskan, bersenang-senanglah dengan proses memilih cincin dan perencanaan pernikahan.

 

Tera Tri Yusepi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.