Sukses

8 Jurus Sakti Melawan Stres

Atasi stres dengan 8 cara jitu berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Kemampuan mengelola emosi akan membuat Anda tetap tenang di bawah tekanan. Hal ini akan berdampak langsung dalam kinerja Anda dan juga saat stres datang melanda.

Talent Smart telah melakukan penelitian terhadap lebih dari satu juta orang, dan menemukan bahwa 90 persen dari top manajemen perusahaan terampil mengelola emosi mereka pada saat stres, sehingga bisa tetap tenang dan terkendali.

Anda ingin seperti mereka? Berikut 8 cara sakti mengatasi stres seperti dikutip dari Forbes, Selasa (11/10/2016):

1. Olahraga

Tidak ada waktu untuk berolahraga selama seminggu? Anda memiliki 48 jam setiap akhir pekan untuk mewujudkannya. Dengan menggerakkan tubuh minimal 10 menit bisa membantu Anda mengurangi stres.

Selain bisa menghilangkan stres, olahraga juga merupakan cara yang tepat untuk mendatangkan ide-ide baru.

2. Minimalkan membawa pekerjaan kantor ke rumah

Pekerjaan kantor belum selesai? Jangan pernah bawa pulang ke rumah. Sebab, jika Anda membawa pulang pekerjaan maka waktu luang Anda akan habis untuk menuntaskannya. Ketika ini terjadi, Anda kehilangan kesempatan untuk bersantai dan bercengkrama dengan orang terkasih di malam hari.

Untuk itu, Anda harus lebih produktif saat di kantor. Buatlah daftar prioritas pekerjaan yang harus Anda selesaikan lebih dulu.

3. Putuskan hubungan Anda dengan Pekerjaan selama weekend

Yang lebih buruk adalah saat Anda membawa pulang pekerjaan jelang akhir pekan. Waktu berlibur Anda akan habis untuk bekerja, lalu kapan waktu untuk bersama keluarga? Apakah kurang kerja 5 hari dalam seminggu?

Bekerja selama 24 jam dalam 7 hari menghadapkan Anda terhadap rentetan stres dan membuat Anda tak bisa fokus pada kehidupan pribadi Anda.

Jika pekerjaan Anda memaksa Anda untuk memeriksa email pekerjaan dan melayani panggilan tidak realistis, cobalah untuk menentukan waktu tertentu pada hari Sabtu dan Minggu untuk memeriksa e-mail dan menjawab pesan suara.

Misalnya, memeriksa pesan pada ponsel Anda lakukan di hari Sabtu sore sambil menunggu anak-anak Anda potong rambut, dan pada hari Minggu malam setelah makan malam. Hal ini akan meringankan stres tanpa mengorbankan keluarga.

4. Jalankan hobi

Anda mungkin akan terkejut apa yang terjadi ketika Anda melakukan sesuatu yang Anda sukai saat ada waktu luang. Memanjakan gairah hidup Anda adalah cara yang bagus untuk menghindari stres dan membuka pikiran Anda mengenai cara berpikir yang baru.

Anda bisa bermain musik, membaca, menulis, melukis, atau bahkan bermain petak umpet dengan anak-anak Anda dapat membantu Anda melenyapkan stres

5. Habiskan waktu berkualitas dengan Keluarga

Menghabiskan waktu berkualitas dengan keluarga Anda adalah penting jika Anda ingin mengisi ulang diri Anda dan bersantai.

Hari kerja begitu sibuk, sehingga seminggu bisa cepat berlalu dengan sedikit waktu berkualitas yang dihabiskan bersama keluarga. Jangan biarkan ini terjadi, apalagi di akhir pekan Anda.

Ajaklah anak-anak Anda ke taman bermain, mengajak pasangan Anda ke restoran favoritnya, dan pergi mengunjungi orangtua Anda. Anda akan senang dengan apa yang Anda lakukan.

6. Coba hal baru

Membeli tiket untuk konser atau menginap di hotel keren yang baru saja dibuka memberi pengalaman baru buat Anda. Coba lakukan sesuatu yang belum dilakukan sebelumnya atau mungkin kembali melakukan sesuatu yang Anda sudah lama tak Anda kerjakan.

Studi menunjukkan merencanakan sesuatu yang menarik adalah bagian penting untuk membuat aktivitas Anda menyenangkan. Mengetahui bahwa Anda akan mengerjakan sesuatu yang menarik pada hari Sabtu tidak hanya akan menyenangkan ketika hari Sabtu tiba, tetapi secara signifikan akan meningkatkan mood Anda sepanjang minggu.

7. Bangun di waktu yang sama

Saat akhir pekan tiba, Anda tentu tergoda untuk tidur lebih lama untuk mengganti kurang tidur di sepanjang minggu. Meskipun rasanya enak, tapi itu ternyata hanya sementara, sebab dengan tidur lebih lama Anda akan merusak siklus tidur yang dapat memperburuk depresi.

Siklus tubuh Anda dibuat melalui serangkaian rumit dari fase tidur, agar Anda bangun dan merasa segar. Salah satu fase ini melibatkan pikiran Anda untuk terjaga dan waspada, itulah mengapa orang sering terbangun sebelum jam alarm mereka berbunyi. Itu karena otak terlatih dan siap.

Ketika Anda tidur melewati waktu bangun biasa pada akhir pekan, Anda akhirnya malah merasa pusing dan lelah. Ini bukan hanya mengganggu hari Anda, tapi juga membuat Anda kurang produktif pada hari Senin karena otak Anda tidak siap untuk bangun pada waktu yang teratur Anda. Jika Anda perlu untuk mengejar ketinggalan pada tidur, pergilah tidur lebih awal.

8. Siapkan untuk minggu mendatang

Akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk merencanakan minggu mendatang. Luangkan sedikitnya 30 menit untuk perencanaan, dan Anda bisa mendapatkan keuntungan yang signifikan dari sisi produktivitas dan mengurangi stres.

Kegiatan selama seminggu terasa jauh lebih mudah dilalui dan tanpa ketika Anda melakukannya dengan rencana. 

Tera Tri Yusepi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini