Sukses

Jerawat Bakal Bikin Anda Awet Muda, Simak Faktanya

Bagi Anda yang sering berjerawat, tak perlu lagi khawatir.

Liputan6.com, Jakarta Kulit sering berjerawat? Tak perlu stres, karena kulit berjerawat sebenarnya dapat membuat Anda lebih muda, seperti yang dilansir dari Nymag.com pada Selasa (11/10/2016).

Mungkin sekarang Anda kesal karena kulit sering berjerawat, tapi sepuluh atau dua puluh tahun dari sekarang, Anda mungkin justru akan berterima kasih. Menurut artikel yang dimuat dalam Journal Of Investigative Dermatology, penderita jerawat umumnya memiliki telomere yang lebih panjang. Telomere adalah komponen pelindung dari helaian DNA.

Panjangnya telomere telah lama dihubungkan dengan proses penuaan. Semakin bertambah usia maka ukuran telomere pun menyusut dan akan mengakibatkan penuaan sel. Telomere yang panjang lebih efektif dalam melindungi sel-sel, dan juga secara umum akan memperlambat proses penuaan.

Untuk penelitiannya soal jerawat dan penuaan kulit, para ilmuwan dari King's College menyelidiki panjang telomere yang ada pada 1205 orang kembar. Dari penelitian ini ditemukan bahwa mereka yang kerap berjerawat di masa lalunya memiliki telomere yang lebih panjang. Artinya, mereka cenderung terlihat awet muda. Karenanya, jangan keburu kesal jika ada satu-atau dua ( atau lebih ) jerawat yang kerap muncul di wajah!

(Ardi Suryaatmaja)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini