Sukses

Ingin Hidup Lebih Sehat? Pilih Pasangan yang Bahagia

Pasangan yang bahagia dapat membuat hidup Anda bahagia.

Liputan6.com, Jakarta Menurut penelitian, punya pasangan yang bahagia jauh lebih penting daripada memikirkan kebahagiaan diri sendiri.

Penelitian yang dilakukan oleh American Psychological Association yang dirilis dari situs AskMen pada Sabtu (8/10/2016) mengungkapkan bahwa orang yang memiliki pasangan yang bahagia akan membuat kita terjaga kesehatannya. Keluarga yang pasangannya bahagia dilaporkan lebih jarang mengeluh sakit.

“Penemuan ini mengaitkan asumsi adanya hubungan antara kebahagiaan dan kesehatan dalam kaitan yang belum pernah dibahas sebelumnya,” tutur William Chopik, PhD, asisten dosen Psikologi di Jurusan Psikologi Michigan State University, Amerika Serikat. Ia menambahkan, punya pasangan yang bahagia jauh lebih menyehatkan daripada mengejar kebahagiaan sendiri.

Fakta ini didasarkan pada penelitian atas 2000 responden pasangan heteroseksual. Survei juga dilakukan pada pasangan yang berusia di atas 50 tahun. Mereka diwawancarai seputar kesehatan, penyakit kronis, keluhan fisik, aktivitas fisik dan olahraga, serta seberapa jauh mereka peduli pada kesehatan pasangan.

William Chopik yang memimpin penelitian ini mengidentifikasikan alasannya kenapa kita bisa lebih sehat jika memiliki pasangan yang bahagia.

1. Pasangan yang bahagia bisa memberikan support yang kuat dibanding mereka yang pasangannya tidak bahagia, yang seringkali lebih fokus pada masalah mereka sendiri.

2. Pasangan yang bahagia bisa membuat orang lain yang tidak bahagia untuk mengikuti gaya hidup sehat yang dilakukannya. Seperti, rajin olahraga, tidur cukup, dan menjaga nutrisi seimbang. Itulah kenapa, hidup dengan pasangan yang bahagia bisa membuat hidup terasa lebih ringan, bahkan bisa dikatakan lebih bahagia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.