Sukses

Berat Badan Naik Tanda Anda Bahagia dengan Pasangan

Ilmu pengetahuan mengatakan, jika Anda bahagia dalam hubungan cinta Anda, berat badan Anda akan bertambah.

Liputan6.com, Jakarta Kita semua pasti memiliki teman yang bertambah berat badannya, sejak mereka bertemu dan menjalin hubungan cinta atau menikah dengan seseorang yang spesial. Ternyata, pasangan yang bahagia tidak lagi fokus pada berat badan mereka, tetapi pada hal signifikan yang lain.

Seperti dikutip dari situs Lifehack, Minggu (9/10/2016) ada beberapa hal yang ternyata mulai mempengaruhi hidup sebuah pasangan yang sudah mapan dalam hubungan asmara. Biasanya, mereka tidak memiliki keinginan untuk mengesankan orang baru. Kegiatan olahraga di gym berganti dengan kegiatan lain untuk menghabiskan lebih banyak waktu bersama-sama. Mereka juga mulai tertular dengan kebiasaan makan yang buruk satu sama lain. Mereka juga mulai tidak peduli melihat celana mereka tidak lagi fit.

Sebuah studi baru menemukan, kebahagiaan cinta membuat berat badan Anda bertambah. Penelitian ini diikuti 169 pasangan selama empat tahun. Pasangan ditimbang dua kali setahun, dan memberikan rincian tentang kepuasan keseluruhan kehidupan cinta dan pernikahan mereka. Studi ini menunjukkan bahwa pasangan yang melaporkan pernikahan bahagia bertambah berat badan, sedangkan pada pernikahan yang tidak bahagia tubuh pasangan tersebut menjadi ramping, dan akhirnya berpisah.

Penjelasan penelitian ini adalah orang-orang stabil memiliki hubungan bahagia karena telah menemukan pasangan mereka, dan tidak perlu untuk mengesankan pasangannya lagi. Mereka yakin bahwa pasangan mereka mau menerimanya apa adanya dan akan bertahan untuk jangka panjang.

Di sisi lain, pasangan yang tidak bahagia lebih cenderung tetap menarik, karena mereka memiliki potensi untuk mencari pasangan baru. Psikolog Andrea L. Meltzer, yang memimpin penelitian, mengatakan pasangan harus memperhatikan ketika berhubungan dengan berat badan mereka, karena dapat menyebabkan konsekuensi kesehatan seperti diabetes dan penyakit kardiovaskular.

"Dengan lebih fokus pada berat dalam hal implikasi kesehatan yang bertentangan dengan implikasi penampilan, kepuasan pasangan mungkin dapat menghindari kenaikan berat badan berpotensi tidak sehat, dari waktu ke waktu dalam pernikahan mereka," katanya.

Beberapa tips untuk membantu Anda dan pasangan Anda mempertahankan berat badan yang sehat (dan bersenang-senang dalam prosesnya) juga dapat dicoba. Tetap melakukan kegiatan yang sebelumnya Anda telah geluti. Jangan berhenti dari tim softball kantor Anda, atau kelas yoga mingguan hanya karena Anda berada dalam suatu hubungan. Bahkan jika itu membutuhkan waktu jauh dari pasangan Anda, berhenti melakukan kegiatan tersebut dapat menyebabkan kebencian pada akhirnya, serta menambah berat badan.


Lakukanlah olahraga bersama-sama yang menyenangkan. Anda tidak harus lari, atau mengangkat beban di gym. Anda bisa memilih berjalan-jalan di taman, atau dansa di ballroom. Temukan sesuatu yang Anda cinta dan membuatnya seperti kencan.

Tera Tri Yusepi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini