Sukses

Cara Asyik Merry Riana Buat Anak Percaya Diri dalam Komunikasi

Merry Riana School of Public Speaking memberikan kesempatan anak-anak dan remaja untuk lebih percaya diri dan pandai berkomunikasi.

Liputan6.com, Jakarta Kepercayaan diri dan kemampuan berkomunikasi mungkin tidak diajarkan langsung di sekolah-sekolah formal. Itu lah mengapa kemampuan ini perlu dipelajari sendiri oleh anak.

Salah satu cara supaya anak lebih percaya diri dan pandai berkomunikasi adalah dengan mengikuti kursus. Ini akan melatih anak lebih percaya diri karena akan mendapat materi sekaligus kesempatan untuk berbicara di depan umum.

Merry Riana School of Public Speaking memberikan kesempatan anak-anak dan remaja untuk lebih percaya diri dan pandai berkomunikasi. Sehingga, anak-anak yang keluar dari sekolah tersebut diharapkan mampu berkomunikasi dengan baik.

Merry Riana mengatakan, kemampuan berkomunikasi penting sebagai sarana mengungkapkan ide-ide seseorang. Apalagi semua jenis pekerjaan saat ini membutuhkan kemampuan berbicara yang baik, termasuk di depan umum.

"Anak Indonesia itu banyak yang cerdas, tetapi sayang sekali jika tidak memiliki kemampuan untuk menyampaikan ide-idenya," kata Merry kepada Liputan6.com, pekan lalu, di Jakarta.

Septian Sandinata, pengajar di Merry Riana School of Public, menuturkan, sekolah itu merupakan bagian dari Merry Riana Learning Center. Materi di sekolah itu disampaikan dengan metode experiental Technology.

"Anak itu biasanya malas digurui, jadi metode yang kami pakai adalah ELT yang membuat anak tanpa sadar telah belajar banyak hal," kata pria yang akrab disapa Tian ini.

Merry Riana School of Public Speaking. Foto: Liputan6.com/Unoviana Kartika Setia

Tian menjelaskan, kelas dilakukan seminggu sekali, tetapi pengawasan terus dilakukan dalam tujuh hari. Caranya yakni kerja sama dengan orangtua, menanyakan langsung kepada anak, dan buku catatan harian yang harus selalu diperbaharui.

Sebagian anak mungkin dianugerahi kepercayaan diri yang baik, tetapi di sisi lain ada pula yang tidak. Sehingga, kepercayaan diri anak pun perlu dibantu untuk ditumbuhkan. Sementara bagi anak yang sudah percaya diri, mereka perlu diarahkan supaya kemampuan berkomunikasi mereka lebih baik.

Merry Riana School of Public Speaking

Josephine (15) misalnya, salah satu siswa di Merry Riana School of Public Speaking, menyatakan, teknik berkomunikasi yang baik memudahkannya untuk didengarkan oleh teman-temannya. Ia pun rajin menerapkan teknik-teknik yang sudah diajarkan ke kehidupannya sehari-hari.

"Aku memang orangnya sudah nggak tahu malu, tapi dengan belajar teknik yang tepat, aku jadi semakin mampu mengatakan ide-ideku," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.