Sukses

Tips Membangun Percaya Diri untuk Bicara di Depan Umum

Percaya diri merupakan kunci utama seseorang mampu berbicara dengan baik di depan umum.

Liputan6.com, Jakarta Tidak semua orang mampu berbicara dengan baik di depan umum. Kecuali, jika seseorang itu mau mengubahnya. Percaya diri merupakan kunci utama seseorang mampu berbicara dengan baik di depan umum. Lantas, bagaimana cara menumbuhkan rasa percaya diri tersebut?

Septian Sandinata, pengajar di Merry Riana School of Public Speaking memberikan tips bagaimana menumbuhkan rasa percaya diri supaya semakin baik berbicara di depan umum.

"Tidak percaya diri bicara di tempat umum itu sebenarnya wajar, karena pasti ada ketakutan, apalagi pada anak-anak dan remaja. Hal itu akan menghantui sepanjang hidup kita kecuali berusaha untuk mengubahnya. Jadi pastikan Anda menganggap itu hal yang wajar," kata dia kepada Liputan6.com, akhir pekan lalu.

Setidaknya ada tiga hal yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan percaya diri berbicara di depan umum.

1. Persiapan (prepare)
Ketika harus bicara di depan umum, Anda perlu menyiapkan segalanya. Dari mulai materi sekaligus mental.

"Jika memang mendadak, maka kita harus sering membaca buku, supaya kosa kata kita banyak," kata Tian.

2. Latihan (practice)
"Because practice makes perfect, jadi setiap ada kesempatan latihan, jangan disia-siakan," ujarnya.

3. Jangan lewatkan kesempatan
Jika ada kesempatan berbicara di depan umum, maka beranikan diri Anda. Karena itu adalah kesempatan untuk mengevaluasi diri.

"Maju saja, jangan pernah tolak itu," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.