Sukses

Tips Sehat untuk Vegetarian Pemula

Tertarik untuk menjadi seorang vegetarian? Simak tipsnya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Menjadi vegetarian tak semudah kelihatannya. Bagi yang belum terbiasa, pasti akan susah membiasakan diri untuk mengganti sumber protein selain dari daging.

Pastikan Anda mendapatkan nutrisi seimbang yang dibutuhkan oleh tubuh. Kuncinya, terletak pada keseimbangan asupan yang Anda makan setiap hari, dengan jumlah yang tepat dan bervariasi. Namun, tidak ada salahnya jika Anda berniat ingin mencoba menjadi vegetarian. Menurut BBC Good Food yang dilansir pada Minggu (2/10/2016), untuk pemula, bisa melakukan beberapa hal sederhana berikut ini setiap hari.

1. Mengonsumsi minimal 2 porsi buah dan 3 porsi sayuran segar.
2. Mengonsumsi minimal 5 warna yang berbeda dari buah dan sayuran (merah, jingga, kuning, hijau, biru, ungu, putih - pilih 5).
3. Mengonsumsi minimal 1 porsi protein nabati, seperti tahu, tempe, kacang-kacangan (tetapi bukan kacang goreng).
4. Mengonsumsi minimal 1 porsi protein dari ikan (ikan laut kalau bisa tidak digoreng).
5. Mengonsumsi minimal 2 liter air putih.
6. Batasi asupan gula dan garam.
7. Jangan pernah melewatkan waktu sarapan pagi. Sarapan dengan telur mengandung protein yang dibutuhkan tubuh. Sarapan dengan semangkuk sereal yang dilengkapi dengan kacang dan biji-bijian, juga sumber protein yang bagus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.