Sukses

Pemilik Wajah Berjerawat Akan Lebih Awet Muda karena Hal Ini

Ternyata ada sisi positif dari wajah yang berjerawat di masa muda.

Liputan6.com, Jakarta Orang-orang yang memiliki wajah berjerawat mengetahui bahwa bertumbuh dewasa dengan kulit bermasalah bukanlah hal yang menyenangkan. Namun, sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa ada sisi positif dari wajah yang bermasalah saat usia muda. Jerawat dipercaya dapat membuat wajah Anda lebih awet muda.

Penelitian yang dilakukan oleh Journal of Investigate Dermatology menemukan bahwa orang-orang yang berjerawat di masa muda menunjukkan lebih sedikit tanda-tanda penuaan dibanding orang yang memiliki wajah yang bersih dari jerawat. Dan hal ini tidak hanya berlaku di bagian wajah saja, seluruh tubuh sang pemilik wajah berjerawat di masa muda pun akan terlihat lebih muda, seperti yang dilansir dari Marieclaire.co.uk pada Sabtu (1/10/2016).

Meskipun bukan penemuan baru, belum ada penjelasan jelas mengapa orang yang berjerawat memiliki kulit wajah yang lebih kenyal dan lembut setelah dewasa. Namun penelitian lain dari King's College London mengkonfirmasi bahwa hal tersebut disebabkan oleh telomeres dalam sel-sel darah putih yang berfungsi sebagai pelindung kromosom di lapisan kulit.

"Selama ini, para dermatolog mengidentifikasi bahwa orang dengan kulit berjerawat mengalami penuaan yang lebih lambat daripada orang dengan kulit yang tidak memiliki atau jarang berjerawat selama hidupnya," Dr Simone Ribero, seorang dermatolog yang terlibat dalam penelitian menuturkan. "Kami menemukan bahwa hal ini disebabkan oleh ukuran telomeres dari orang yang berjerawat berbeda dan melindungi sel-sel kulit wajah dari proses penuaan."

Dengan demikian, ukuran telomeres yang lebih besar pada orang berjerawat berarti sel-sel kulit wajah mereka lebih terlindungi dan tak mudah rusak atau mati, penyebab dari kulit yang tampak tipis dan berkerut. 

Dermatolog bernama Dr Veronique Baitaille juga mengatakan bahwa hal ini adalah kabar baik bagi orang-orang yang mengalami trauma akibat jerawat di masa remaja atau awal 20-an. Mungkin mereka menderita di masa muda, namun akan merasakan manfaatnya saat dewasa.

Semoga kabar ini dapat menenangkan Anda yang sempat tidak percaya diri dengan kondisi kulit yang berjerawat. Mungkin Anda bisa menahan diri dari membeli berbagai produk kecantikan untuk mengatasi masalah kulit Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.