Sukses

Minum Kopi Bisa Bikin Panjang Umur, Penasaran?

Kabar baik bagi pecinta kopi, penelitian menunjukkan bahwa minum kopi memiliki beberapa manfaat yang mungkin belum diketahui banyak orang.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang berusaha untuk menghilangkan kebiasaan minum kopi, karena efek samping yang diduga dapat mempengaruhi kesehatan.

Namun ada kabar baik bagi pecinta kopi, penelitian menunjukkan bahwa minum kopi memiliki beberapa manfaat yang mungkin belum diketahui banyak orang. 

Sekitar 20 penelitian membuktikan bahwa orang yang rutin mengonsumsi kopi diduga memiliki umur yang lebih panjang ketimbang orang yang tidak minum kopi. Selain itu, peminum kopi akan mempunyai resiko kematian dini 14 persen lebih rendah dibanding yang tidak minum kopi.

Seperti dikutip dari situs Lifehack, Rabu (28/9/2016) ada 7 alasan mengapa kopi bisa memperpanjang hidup Anda:

Minum kopi diduga dapat mencegah stroke

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan oleh American Heart Association (Asosiasi Jantung Amerika) menemukan, orang yang minum satu cangkir kopi per hari mempunyai penurunan risiko terkena stroke, sebesar 20 persen selama dekade berikutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Minum kopi diduga dapat mencegah penyakit jantung

Minum kopi diduga dapat mencegah penyakit jantung

Kafein diduga baik untuk kesehatan jantung karena mempunyai efek positif pada metabolisme. Kafein tidak hanya menstimulasi sistem syaraf pusat, hal ini juga dapat membebaskan asam lemak bebas dari jaringan lemak Anda.

Namun ingat, terlalu banyak kafein dapat berdampak buruk bagi jantung Anda. Meskipun, pengaruh nyata terhadap penyakit jantung koroner saat ini masih diperdebatkan.

Minum kopi dapat mencegah bunuh diri

Sebuah studi yang dirilis oleh Harvard pada 2013 mengungkapkan, hubungan antara minum kopi dan risiko bunuh diri yang lebih rendah. Studi tersebut menunjukkan bahwa orang dewasa yang minum 2-4 cangkir kopi per hari, mempunyai sedikit kemungkinan untuk bunuh diri dibanding yang tidak minum kafein atau sedikit minum kafein.

Anda yang minum kopi tanpa kafein juga mempunyai risiko yang hampir sama, dengan mereka yang tidak minum kafein.

Hal ini disebabkan oleh kafein yang dalam dosis yang cukup mampu bertindak sebagai antidepresan ringan, dengan membantu otak Anda memproduksi lebih banyak dopamine, serotonin dan noradrenalin.

3 dari 4 halaman

Minum kopi dapat mencegah penyakit syaraf

Minum kopi dapat mencegah penyakit syaraf

Minum kopi dapat membantu Anda mencegah timbulnya penyakit-penyakit syaraf, yang muncul seiring dengan penuaan. Beberapa studi menunjukkan bahwa mereka yang minum kopi memiliki risiko sebanyak 65 persen lebih rendah terkena demensia, dan penyakit Alzheimer. Peminum kopi juga memiliki risiko 32 persen hingga 60 persen lebih rendah terkena Parkinson.

Minum kopi diduga dapat mencegah diabetes tipe 2

Hasil studi di tahun 2004 menunjukkan, minum kopi sebelum makan dapat menghasilkan tingkat glukosa yang lebih tinggi dalam tubuh Anda dibanding setelah makan.

Hal ini juga mampu menghasilkan tingkat resistensi insulin yang lebih tinggi, dan baik untuk mencegah terjadinya diabetes. Namun, kopi tidak bekerja untuk mengobati diabetes tipe 2 dan bahkan memiliki efek negatif bagi mereka yang sedang berjuang dengan penyakit ini.

4 dari 4 halaman

Minum kopi dapat membantu membakar lemak tubuh

Minum kopi dapat membantu membakar lemak tubuh

Sebagai catatan, kafein memiliki pengaruh pada beberapa proses metabolisme. Kafein mampu meningkatkan tingkat metabolisme Anda 3 persen hingga 11 persen.

Ketika metabolisme Anda meningkat, maka akan lebih mudah untuk membakar kelebihan lemak. Beberapa studi menunjukkan bahwa peningkatan metabolisme dapat membakar lemak sebanyak 10 persen bagi penderita obesitas, dan 29 persen untuk orang-orang yang sudah ramping.
Namun, perlu diingat tambahan cokelat putih, cream, dan gula mampu mengimbangi efek dari kafein

Minum kopi dapat melindungi hati

Hati merupakan organ yang sangat penting bagi kehidupan Anda. Hati dapat terkena penyakit umum seperti sirosis, di mana hati menjadi tidak efektif karena berubah menjadi jaringan parut.

Minum kopi dapat membantu melindungi hati Anda dari sirosis. Mereka yang minum setidaknya empat cangkir sehari memiliki risiko 80 persen lebih rendah terkena sirosis, dibandingkan mereka yang sedikit minum kopi.

Pecinta kopi bisa bersukacita sebab minum kopi bisa memperpanjang 15 persen harapan hidup Anda.

Tera Tri Yusepi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini