Sukses

5 Bunga Populer di Balik Produk Kecantikan Wanita

Tahukah Anda bahwa banyak produk kecantikan wanita yang menggunakan lima tipe bunga ini?

Liputan6.com, Jakarta Bunga dianggap sebagai ikon kecantikan dan keindahan, sehingga sering dijadikan sebagai parfum atau sebagai campuran dalam berbagai produk kecantikan, seperti sabun mandi, pembersih wajah, sampo, dan masih banyak lagi.

Dengan kandungan dan wangi bunga yang khas dan segar menjadi daya tarik tersendiri. Ada beberapa macam bunga yang sering dipakai pada produk kecantikan, Anda pun bisa membuat perawatan sendiri dengan bunga-bunga ini.

1. Mawar
Mawar adalah salah satu bunga terindah di dunia. Mawar bunga digunakan dalam berbagai produk kosmetik, termasuk dalam pembuatan berbagai wewangian.
Air bunga mawar bisa dijadikan toner atau pembersih wajah alami. Selain bagus untuk pembersih, air mawar juga sangat berfungsi sebagai penyegar.
Manfaat lainnya dari air bunga mawar adalah bisa membasmi jerawat. Cuci muka dengan air bunga mawar dapat membersihkan wajah dan mencegah jerawat. Selain itu air bunga mawar juga dapat mengatasi mata lelah, cukup celupkan kapas pada air bunga mawar dan kompres bagian mata yang terlihat lelah atau bengkak.
Air bunga mawar juga sangat bagus untuk rambut. Zat yang terkandung dalam mawar dapat membantu proses penumbuhan rambut. Sediakan kapas dan rendam di air bunga mawar lalu oleskan pada bagian kulit kepala.

2. Lavender
Lavender kaya akan vitamin A, D, dan E. Kandungan vitamin ini berguna untuk perawatan kulit dan perawatan rambut. Karena mengandung anti bakteria, lavender juga ampuh untuk mengatasi jerawat. Banyak produk kecantikan yang menggunakan lavender tidak hanya untuk kecantikan, tetapi juga untuk kesehatan karena wangi lavender dapat digunakan untuk aromaterapi.
Untuk mengatasi jerawat, rebus lavender dengan air, kemudian aplikasikan pada wajah yang berjerawat dengan bantuan kapas. Jika ingin membuat masker, campurkan sari dari lavender kemudian campur bubuk kulit jeruk dan plain yogurt.
Masker lavender dapat membuat wajah jadi terlihat bersinar dan menyamarkan bintik-bintik hitam di wajah. Lavender yang dicampur minyak zaitun dan dipanaskan sebentar juga ampuh untuk mengatasi ketombe.

3. Melati
Melati sangat terkenal untuk aromanya yang eksotis. Melati atau jasmine tidak hanya terkenal karena wewangiannya yang khas, tapi juga khasiatnya untuk perawatan wajah dan rambut. Melati dapat meningkatkan elastisitas kulit bila ditambahkan dengan madu.
Melati juga mampu menyingkirkan bekas jerawat. Campurkan melati dengan air mawar dan kentang yang telah diblender untuk mendapatkan sarinya, kemudian usapkan pada wajah. Setelah kering lalu bersihkan wajah dengan air.
Untuk rambut, bilas rambut Anda dengan air melati setelah keramas. Jika Anda ingin rambut berkilau, maka Anda dapat membuat pasta dari bunga melati dan tambahkan madu dan minyak almond. Mencucinya setelah 15 menit untuk hasil terbaik.

4. Kembang sepatu
Untuk jenis kulit kering, kamu bisa menambahkan bunga kembang sepatu dengan sedikit mentega. Selain itu, bisa juga dengan merebus bunga kembang sepatu dan menggunakannya untuk mencuci muka gunanya untuk meningkatkan kadar air pada kulit.
Manfaat lain dari kembang sepatu adalah khasiatnya yang dapat berfungsi sebagai anti penuaan. Anda dapat mencampurkannya dengan lidah buaya untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.
Untuk perawatan rambut, Anda dapat menggunakan air rebusan kembang sepatu. Air rebusan kembang sepatu bisa disimpan dalam botol dan digunakan setiap hari agar rambut halus dan lembut.

5. Bunga matahari
Bunga matahari memiliki banyak manfaat untuk kulit dan kepala, terutama bijinya karena mengandung vitamin E, dan squalene yang sangat bagus untuk kesehatan kulit dan rambut.

(Widya Rahmi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.