Sukses

Dedengkot Fotografi Indonesia Bersatu Bangun Aplikasi Digital

Fotografer Indonesia dituntut kreatif agar seni fotografi dapat dinikmati seluruh kalangan dengan mudah dan menyenangkan.

Liputan6.com, Jakarta Fenomena senjakala media cetak akibat tergerus perkembangan pesat era digital, menjadi satu hal yang menuntut fotografer Indonesia untuk tampil kreatif dan menemukan bentuk baru agar seni fotografi dapat dinikmati seluruh kalangan dengan mudah juga menyenangkan.

Atas dasar itu, Howard Brawidjaya dan Gunawan Widjaja bersama para fotografer papan atas Indonesia, seperti Fanny Octavianus, Jay Subiakto, John Suryaatmadja, dan Oscar Motuloh, meluncurkan platform digital bernama Calibre. Dapat diakses melalui aplikasi telepon pintar dan website, Calibre menjadi aplikasi pertama di dunia digital Indonesia yang menghadirkan konsultasi dan kurasi fotografi secara online, sehingga membantu para visual artist agar memiliki ruang untuk mempromosikan karya mereka.

Gunawan Widjaja saat merilis aplikasi Calibre di Rumah MAEN Jakarta, Kamis (22/9/2016) mengaku, pembuatan aplikasi ini awalnya hanya keisengan belaka dan melihat betapa karya fotografi di luar negeri begitu sangat dihargai, bertolak belaka dengan apa yang terjadi di Indonesia.

"Kenapa kita gak buat wadah fotografer di Indonesia, supaya kita bisa berbagi? Sudah saatnya kita mulai mengekspose fotografer Indonesia secara e-commerce," katanya.

Sementara itu, ditemui Liputan6.com di tempat yang sama, Oscar Motuloh beranggapan, Calibre akan menjadi ruang mencintai Indonesia melalui medium fotografi. Mengingat apa yang ditampilkan di Calibre adalah karya-karya foto yang menceritakan keragaman budaya, tradisi, dan kekayaan alam Indonesia.

"Dengan hadir secara online, kami ingin memberi kemudahan akses bagi pecinta fotografi yang ingin memiliki karya orisinal dalam bentuk fisik. Calibre hadir untuk merawat dan menghadirkan kembali apresiasi atas karya cipta," ungkap Oscar.

Bersama dengan peluncuran aplikasi Calibre, digelar pula pameran foto bersama dari empat fotografer ternama tanah air. Digelar mulai 22 September hingga 16 Oktober 2016, pameran ini mengusung tema khusus yang menghadirkan keselarasan dan sinergi dalam membaca Indonesia dari berbagai perspektif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.