Sukses

4 Bahaya Saat Traveling dan Cara Penanganannya

Beragam bahaya kerap dihadapi saat traveling. Nah, bagaimana cara penanganannya?

Liputan6.com, Jakarta Traveling memberikan kita banyak pengalaman serta wawasan yang berharga, terdiri dari serangkaian pengalaman baik maupun pengalaman buruk. Bagi sebagian orang, walaupun pernah mendapatkan pengalaman yang buruk kegiatan traveling tetap kerap dilakukan. 

Dalam sebuah perjalanan traveling beragam hal menyenangkan, hingga bahaya dapat dihadapi siapa saja. Terutama bila destinasi yang Anda pilih belum pernah Anda jajaki sebelumnya. 

Jangan khawatir, dilansir dari huffingtonpost pada Selasa (20/09/2016) inilah bahaya yang kerap dihadapi saat traveling dan bagaimana menanganinya.

1. Pencurian

foto: www.fuscolaw.org

Destinasi dan transportasi publik adalah tempat yang biasanya dijadikan tempat para pencuri untuk melancarkan aksinya. Dimana tempat-tempat tersebut menjadi tempat yang sangat mudah untuk mencuri dalam keadaan ramai. Pencuri akan mengikuti calon korbannya dan akan mencari kesempatan yang tepat untuk melakukan aksinya.

Ketika Anda diikuti oleh seseorang yang mencurigakan, Anda harus memegang erat barang berharga anda dan pergi ke tempat yang ramai. Anda juga bisa menggunakan sabuk uang (mirip dengan tas pinggang namun dikenakan layaknya sabuk), menitipkan kunci pada receptionist hotel, meletakkan dompet Anda di saku depan, serta selalu memperhatikan orang-orang yang mungkin mencurigakan di sekitar Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penipuan

2. Penipuan

foto: money.howstuffworks.com

Penipuan menjadi cara populer bagi masyarakat lokal, untuk mendapatkan uang dari para traveler. Para penipu biasanya menyamar sebagai polisi yang meminta denda, atau orang yang pura-pura membagi-bagikan bunga atau gelang dan kemudian meminta uang sebagai imbalan.

Penipuan lainnya yang biasa terjadi adalah sopir taksi yang tidak menggunakan meter. Bahkan terkadang merakan akan memberitahu Anda bahwa hotel atau destinasi wisata yang Anda tuju tutup dan membawa Anda ke tempat lain agar mendapat komisi dari tempat tersebut.

Pastikan Anda memeriksa terlebih dahulu segala informasi mengennai destinasi wisata atau hotel yang Anda tuju. Gunakan intuisi yang kuat saat memutuskan untuk mempercayai seseorang di tempat asing.

Jika banyak terjadi penipuan di sana lebih baik Anda merubah destinasi tersebut. Namun bila Anda tetap ingin ke tempat tersebut pastikan Anda tidak mudah percaya dengan orang yang baru Anda kenal

3 dari 4 halaman

Pesta

3. Pesta dan hiburan malam

foto: efdreams.com

Tak ada yang bisa menjamin pesta atau tempat hiburan malan yang Anda hadiri aman, apalagi jika Anda pergi ke lokasi tersebut dengan orang yang baru saja Anda kenal. Bahaya yang satu ini mungkin tidak terlalu jelas tanda-tandanya seperti bahaya yang lain.

Jika Anda ingin pergi berpesta saat sedang berlibur dan traveling ke tempat asing, pastikan untuk tidak minum minuman alkohol secara berlebihan yang dapat membuat Anda mabuk berat. Hal ini akan memancing orang jahat untuk melakukan aksinya dengan leluasa.

4 dari 4 halaman

Keributan

4. Keributan

foto: framework.latimes.com

Kemana pun Anda pergi cobalah untuk selalu hormat kepada penduduk setempat, dan wisatawan lain untuk menghindari keributan. Perlu diketahui, banyak hal buruk yang dapat dilakukan oleh orang-orang akibat dari pengaruh alkohol. Semakin banyak waktu yang Anda habiskan di bar akan membuat Anda lebih banyak berinteraksi dengan orang-orang yang agresif.

Cobalah untuk tetap berkelakuan baik dengan orang di sekitar Anda, serta hindari keributan dengan siapa pun. Ingat Anda pergi traveling untuk berlibur, mencari kesenangan, dan teman baru. Bukan untuk mencari masalah dan keributan.

(Achmad Rully)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini