Sukses

Sering-Sering Selfie Ternyata Baik untuk Kesehatan Anda

Sering selfie dipercaya dapat meningkatkan kesehatan Anda, benarkah?

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin pernah mendengar bahwa terlalu sering selfie dapat merusak kulit wajah dan mempercepat penuaan. Ternyata, selfie juga memiliki pengaruh positif terhadap kesehatan Anda.

Para ilmuan komputer dari University of California menemukan bahwa mengambil selfie secara rutin ternyata akan menguntungkan bagi kesehatan seseorang, seperti yang dilansir dari Marieclaire.co.uk. pada Selasa (20/9/2016). Ya, frekuensi selfie yang cukup sering dapat meningkatkan kepercayaan diri terhadap tubuh dan membantu menciptakan mood yang lebih positif.

"Seiring waktu, saya semakin nyaman mengambil foto diri sendiri. Jika Anda merasa percaya diri, selfie adalah salah satu cara untuk menunjukkannya," salah seorang mahasiswa yang ikut serta dalam penelitian Psychology of Well-Being menuturkan. "Selfie membuat saya merasa senang dan berpikir, beginilah wajah saya yang akan dilihat orang setiap hari."

Sering selfie dipercaya dapat meningkatkan kesehatan Anda, benarkah? Foto: Marieclaire.co.uk.

Penelitian ini melibatkan 41 mahasiswa dan dimulai dengan mendokumentasikan  mood mereka sehari-hari selama 4 minggu. Para mahasiswa diminta untuk mencatat bagaimana perasaan mereka melalui survei online yang dapat menilai emosi mereka secara mendalam.

Mahasiswa yang sama kemudian dibagi ke dalam 3 kelompok yang berbeda selama 3 minggu. Dalam masa ini, mereka diminta untuk mendokumentasikan mood mereka dengan cara yang berbeda yaitu selfie, memotret sesuatu yang membuat mereka bahagia, atau memotret sesuatu yang akan membuat sang penerima foto merasa senang.

Hasil akhirnya menunjukkan bahwa ketiga format foto dapat meningkatkan mood secara umum, namun mereka yang memilih selfie mengalami peningkatan kepercayaan diri yang cukup signifikan.

Mungkin Anda tak perlu lagi membeli tongkat selfie yang selama ini sudah Anda incar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.