Sukses

Ini 10 Surga yang Tersembunyi di Indonesia Pilihan Masyarakat

Dengan 17 ribu pulau, Indonesia merupakan negara dengan hamparan pemandangan alam yang menakjubkan.

Liputan6.com, Jakarta Proses voting Anugerah Pesona Indonesia sebagai penghargaan yang diberikan kepada beragam destinasi wisata di Indonesia sudah dilakukan pada 25 Mei hingga 23 Agustus 2016. Pada 16 September mendatang, pemenangnya akan diumumkan di hadapan Menteri pariwisata Arief Yahya dan para kepala daerah.

Pemilihan pemenang penghargaan dilakukan melalui proses panjang dengan melibatkan masyarakat. Dari hasil pilihan masyarakat, didapat destinasi wisata terpopuler yang dibagi dalam 10 kategori, antara lain kategori Surga yang Tersembunyi, Tujuan Wisata Terpopuler, tujuan Wisata Terbersih, Hidangan Tradisional Terpopuler, Tempat Menyelam Terpopuler, Tempat Selancar Terpopuler, Atraksi Budaya, Festival Budaya, Dataran Tinggi Terpopuler, dan Tujuan Wisata Baru.

Di antara 10 kategori yang dilombakan, Surga yang Tersembunyi menjadi kategori yang menarik. Pasalnya berbagai destinasi yang terpilih menjadi kawasan wisata yang benar-benar menawan dan belum banyak dijamah wisatawan. Berikut 10 destinasi wisata pemenang kategori Surga yang Tersembunyi dalam ajang penghargaan Anugerah Pesona Indonesia yang digelar Kementerian Pariwisata.

Pulau Anambas

Foto: indahnya-ibupertiwi.blogspot.com

Berbeda dengan karakteristik kepulauan lain, Anambas sebagian besar wilayahnya terdiri dari lautan dan pulau-pulau kecil yang tersebar di Perairan Laut Natuna dan Laut Cina Selatan. Setidaknya terdapat 26 pulau berpenghuni dan 212 pulau belum berpenghuni yang ada di Kepulauan Anambas. Secara khusus beberapa pulua besar dan gugusan pulau ditetapkan pemerintah sebagai penunjang kebijakan khusus, dan pulau Anambas ditetapkan sebagai penunjang kegiatan pengembangan potensi kelautan, pariwisata, hingga mega proyek gas alam cair.

Pulau Berhala

Nelayan di Pulau Berhala, Jambi. (Liputan6.com/Bangun Santoso)

Seperti dikutip dari situs resmi pemkab Serdang Bedagai, rute termudah untuk sampai ke Pulau Berhala adalah dengan melalui Restoran Marina, Belawan, Medan. Jarak Belawan menuju Pulau Berhala sekitar 65 kilometer, dapat ditempuh menggunakan boat dalam waktu 4-8 jam. Belum banyaknya fasilitas penunjang wisata seperti hotel, membuat destinasi wisata ini terasa asri dan masih alami. Pulau Berhala sendiri terdiri dari tiga pulau yang masing-masing memiliki ciri khasnya tersendiri. Dengan luas mencapai 50 ribu meter persegi, pulau ini juga dipenuhi beragam flora dan fauna. Yang menarik, Pulau Berhala memiliki musim-musim tertentu di mana beragam jenis burung akan terlihat sangat ramai, dan penyu naik ke pantai untuk bertelur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Pulau Karampuang

Foto: 4.bp.blogspot.com

Nama pulau yang secara etimologi berarti bulan ini jika dilihat dari ketinggian bentuknya menyerupai buaya. Karampuang didominasi oleh batuan karang dan semua sisinya dikelilingi Telu Mamuju. Lokasinya masuk dalam kawasan Desa Karampuang, Kecamatan Mamuju, Sulawesi Barat. Sebagai pulau vulkanik, Karampuang memiliki topografi yang berbukit-bukit.

3 dari 9 halaman

Pulau Maratua

Tim Terios 7 Wonders Borneo Wild Adventure akhirnya menyelesaikan etape pamungkas.

Ada dua cara untuk sampai ke pulau yang secara administrasi masuk dalam Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, ini yaitu via Pelabuhan Tanjung Redeb dan Pelabuhan Tanjung Batu. Dari Pelabuhan Tanjung Redeb, perjalanan dimulai dengan menyusuri Sungai Kelay yang langsung bermuara ke laut selama 3 jam perjalanan.
Jika Pelabuhan Tanjung Redeb hanya melayani pengunjung dalam jumlah besar, tidak demikian dengan Pelabuhan Tanjung Batu. Pelabuhan ini bisa mengantarkan pengunjung dalam jumlah kecil dengan menggunakan perahu berkapasitas lima orang.

Data terbaru Direktori Pulau-pulau Kecil Indonesia menunjukkan, terumbu karang Maratua terhampar di zona reef flate dan zona reef slope. Rata-rata terumbu karang pada zona reef slope dalam kondisi baik, dengan tingkat penutupan terumbu karang 61 persen, yang terdiri dari 55 persen hard coral dan 6 persen soft coral. Sementara itu, terumbu karang tumbuh bagus pada zona reef flate dan reef slope hingga kedalaman 17 meter. Tak heran jika selain snorkeling, pengunjung Pulau Maratua juga bisa melakukan aktivitas diving.

4 dari 9 halaman

Pulau Pahawang

Pulau Pahawang kecil dilihat dari langit. Fotografer : Husni.

Pahawang merupakan salah satu objek wisata bahari yang paling terkenal di Provinsi Bandar Lampung. Pulau yang terkenal dengan keindahan alam baharinya ini masuk dalam kawasan Kecamatan Panduh Padada, Kabupaten Pasawaran, Lampung Selatan.

Untuk sampai di kawasan Pulau Pahawang, dari pusat Kota Bandar Lampung menempuh jarak sekitar 25 km atau 2 jam perjalanan darat menuju Pelabuhan Ketapang. Dari pelabuhan yang ramai perahu dan aktivitas nelayan ini, perjalanan dilanjutkan menggunakan perahu boat selama 40 menit.

5 dari 9 halaman

Sangiang

Sangiang nama ini mungkin masih asing di dengar para traveler, khususnya yang masih pemula.

Pulau Sangiang yang berada di Provinsi Banten pada masa penjajahan pernah menjadi basis pertahanan laut tentara Jepang. Banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan saat mengunjungi Surga yang Tersembunyi di ujung barat Pulau Jawa ini, mulai dari sekadar menikmati keindahan pantai, snorkeling, atau memancing. Tak hanya itu, pulau ini juga memiliki pesona tersendiri berupa tebing dan gua-gua eksotis.

6 dari 9 halaman

Kepulauan Mandeh

Menpar mengingatkan kembali soal CEO Commitment untuk membangun kepariwisataan di Sumbar. Terutama Kawasan Mandeh di Kab Pesisir Selatan.

Kepulauan Mandeh terletak di Pesisir selatan, atau sekitar 65 km dari kota Padang. Meski waktu tempuh untuk sampai ke lokasi ini tidak sebentar, namun keindahan panorama alam yang ditawarkan mampu membayar lunas rasa lelah di perjalanan. Setidaknya ada 8 spot menyelam di sekitar Mandeh, yang terletak di utara pulau Cubadak, Pagang, Seronjok, dan lain-lain. Tak hanya terumbu karang yang masih alami, di spot menyelam juga terdapat bangkai kapal Belanda yang tenggelam. Spot dengan delaman hingga 27 meter ini menjadi tempat yang ideal untuk para penyelam profesional.

7 dari 9 halaman

Kepulauan Togean

Taman Nasional Kepulauan Togean, Sulawesi. (manggeku.com)

Gugusan Bukitnya mengingatkan tentang Bukit Barisan Selatan di Sumatera, dengan bentuk horizontal. Bedanya, Bukit Togean membelah Teluk Tomini. Di sini ada sebuah desa bernama Desa Katupat yang memiliki pantai nan indah. Anda dapat menjajal treking masuk ke hutannya.

8 dari 9 halaman

Kepulauan Togean

Foto: dantoadityo.com

Kawasan Kepulauan Kei menjadi habitat asli bagi aneka burung langka. Masih jarang disentuh orang, kepulauan yang ada di bagian tenggara Maluku ini juga memiliki beragam flora dan fauna yang masih sangat alami. Meski demikian, di Kepulauan Kei terdapat desa tradisional yang menarik untuk dikunjungai. Tak heran jika pulau di timur Indonesia ini dipilih masyarakat sebagai salah satu surga tersembunyi yang ada di Indonesia.

9 dari 9 halaman

Pulau Sebuku

Foto: bedahnusantara.files.wordpress.com

Terletak 5 kilometer di sebelah tenggara Kalimantan, pulau ini memanjang menyuguhkan eksotika pemandangan surga yang tersembunyi. Dihuni oleh masyarakat Banjar, Bugis, dan Mandar, Pulau Sebuku tak hanya menyajikan keindahan alam, tapi juga menawarkan eksotika budaya dan tradisi yang memukau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.