Sukses

Selamat Tinggal SMA, Persiapkan 3 Hal Ini Sebelum Masuk Kuliah!

Dunia baru yakni kampus dan perkuliahan pun menanti untuk kamu jalani setelah lulus dari SMA.

Liputan6.com, Jakarta Tak terasa masa-masa putih-abu alias SMA telah usai dengan sangat menyenangkan. Dunia baru yakni kampus dan perkuliahan pun menanti untuk kamu jalani. Gedung baru, pengajar baru, teman baru, dan lingkungan baru sudah pasti kamu dapatkan.

Perkuliahan ini sangat penting karena mempengaruhi masa depan kamu nanti di dunia kerja. Kuliah tak melulu soal pendidikan, tapi juga tentang pengembangan diri dan berinteraksi dengan orang lain.

Ketika kamu baru terjun ke dunia kampus, itu tandanya kamu termasuk Mahasiswa Baru (MABA). Sebagian dari kamu ada yang sangat excited, sebagian lagi mungkin ada yang khawatir dan cemas. 

Bukannya menakut-nakuti, tapi dunia kampus ini sangat berbeda dengan dunia SMA waktu dulu. Nah, supaya kamu tak kaget atau menjadi stres saat masuk kuliah, setidaknya persiapkan 3 hal ini sebelum memasuki dunia kampus dan perkuliahan.

1. Siapkan Fisik dan Mental

Mungkin waktu SMA kamu terbiasa ada yang mengingatkan soal PR (pekerjaan rumah) atau masih bisa ditolerir guru ketika menyelamatkan nilai raport, lain cerita dengan dunia perkuliahan. Tidak semua dosen bisa sebaik guru-gurumu sewaktu di SMA lho.

Jadi, mulai siapkan fisik untuk berbagai tugas-tugas kuliah yang bisa menumpuk. Siapkan mental juga, artinya kamu harus bisa lebih mengenal karakter teman-teman baru, jaga sikap dengan dosen dan beranikan diri untuk bertanya atau sharing mengenai tugas kepada kakak senior di kampus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Persiapan Selanjutnya

2. Siapkan Buku Catatan Khusus

Jangan cuma jadi mahasiswa 'kupu-kupu' (kuliah-pulang, kuliah-pulang) saja, kamu juga harus siap dengan tumpukan tugas dadakan dari dosen, mengikuti seminar di kampus untuk memperluas wawasanmu, mengikuti ekstrakulikuler seperti dulu sewaktu SMA kalau di dunia perkuliahan namanya UKM. Pandai-pandai mengatur waktu agar tidak mengganggu perkuliahan kamu.

Maka dari itu, kamu perlu memiliki membuat catatan atau folder khusus baik di smartphone , laptop maupun buku kamu untuk membedakan catatan perkuliahan, ekstrakulikuler dan organisasi di kampus.

3. Siapkan Gadget Penunjang Perkuliahanmu

Ini juga perlu kamu perhatikan, disaat ada rezeki lebih atau orang tua menawarkan kebutuhan apa yang kamu inginkan untuk perkuliahan, sebaiknya kamu memilih untuk membeli smartphone.

Kenapa smartphone, bukan baju atau lainnya? Karena smartphone bisa menjadi sumber informasi yang bisa kamu dapatkan, dimanapun dan kapanpun. Bukan hanya itu, smartphone akan membantu kamu mendokumentasikan pengumuman di mading, kegiatan di kampus, perkuliahan dan lain-lain.

Kini, tak perlu report harus ke mesin foto kopi kalau kamu mendokumentasikan catatan perkuliahan atau modul-modul perkuliahan. Yang penting camera phone kamu berkualitas dan mampu menghasilkan gambar yang jernih dan tajam.

Punya persiapan lainnya untuk menghadapi dunia kampus dan perkuliahan? Share persiapan kamu yang lainnya di kolom komentar. Selamat berjuang dan belajar! Semoga cita-cita mu tercapai.

 

Powered By:

OPPO F1 S

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.