Sukses

6 Kebiasaan yang Membuat Pori-Pori Wajah Tersumbat

Jika tidak ingin pori-pori tersumbat, jangan lakukan 6 kebiasaan ini.

Liputan6.com, Jakarta Tiap orang memiliki pori-pori wajah. Biasanya, pori-pori kulit wajah yang membesar yang membuat tampilan wajah kurang indah. 

Tak hanya membesar, pori yang tersumbat membuat keadaan kulit semakin tidak sehat. Namun, tersumbatnya pori-pori wajah tidak terjadi begitu saja. Seperti dilansir dari Womenshealthmag.com, Selasa (6/9/2016), terdapat kebiasaan-kebiasaan buruk yang dilakukan, membuat pori-pori wajah tersumbat. 

Berikut kebiasaan penyumbat pori yang harus Anda hentikan segera.

1. Memencet pori-pori dan jerawat

Jika Anda mendambakan pori-pori wajah yang kecil dan bebas jerawat, setop memencet wajah. "Saat Anda memencet dan menarik kulit, Anda membentuk garis halus, inflamasi, dan iritasi yang memiliki efek buruk pada pori" jelas Joel Schlessinger, seorang Dermatolog.

Lebih baik, gunakan produk perawatan jerawat yang mengandung asam salisilat atau benzoyl peroxide, kedua kandungan ini efektif membasmi jerawat.

2. Sering menyentuh wajah

Coba pikirkan benda apa saja yang telah Anda sentuh seharian. Mulai dari kenop pintu, meja, komputer, tombol lift, kartu atm, dan sebagainya. "Menyentuh wajah setelah bersentuhan dengan banyak benda mentransfer ribuan bakteri, virus, dan berbagai kotoran ke kulit dan pori-pori" jelas Joel. Mulai sekarang, hindari gerakan menyentuh wajah.

3. Lupa membersihkan riasan sebelum tidur

Lupa membersihkan riasan sebelum pergi tidur membuat makeup, minyak, dan polusi tinggal di wajah Anda sepanjang malam. Tak hanya dapat membuat kulit mudah berjerawat dan mengalami penuaan, pori-pori wajah akan menjadi lebih lebar. 

Jika Anda terlalu lelah untuk membersihkan wajah, gunakan tisu pembersih yang praktis.

4. Tidak melakukan eksfoliasi

Cara paling benar dalam membersihkan pori-pori wajah adalah melakukan eksfoliasi. Karena pembersih wajah biasa tidak membersihkan sel kulit mati yang tertumpuk, lakukan eksfoliasi seminggu sekali.

5. Menggunakan riasan yang salah

Memang menutupi pori-pori dengan concealer adalah cara mudah agar kulit terlihat mulus. Namun, semua jenis riasan menutupi pori-pori (comedogenic) akan membuat pori-pori tersumbat.

Hindari kandungan minyak, wax atau butter yang menutupi pori. Lebih baik, gunakan riasan dengan kandungan mineral, terutama untuk jenis kulit berjerawat.

6. Tidak menggunakan produk pengecil pori

Produk pengecil pori, atau produk dengan kandungan retinol terbukti efektif mengecilkan pori wajah. Produk ini dapat meningkatkan produksi glycoaminoglycans pada kulit, yang bekerja mengencangkan kulit di sekitar pori, membuatnya tampak lebih kecil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.