Sukses

Benarkah Kopi Akan Punah Beberapa Tahun Lagi?

Kopi, minuman favorit hampir setiap orang ini akan punah beberapa tahun lagi. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta Kopi merupakan minuman favorit banyak orang. Bahkan ada pula orang yang mengaku tidak bisa hidup tanpa minuman hitam ini. Namun, kabar buruk mungkin harus didengar, kopi barangkali akan punah dalam beberapa tahun ke depan.

Sebuah laporan dari The Climate Institute menyebutkan, jika pemanasan global terus berlanjut, kopi akan punah pada tahun 2080. Tanaman kopi tumbuh di lokasi dingin, tetapi jika bumi semakin panas, kemungkinan tanaman itu tidak bisa tumbuh lagi.

Dilansir dari Metro, Selasa (6/9/2016), diperkirakan ladang kopi tidak bisa lagi memproduksi kopi pada 2050. Kopi yang paling cepat mengalami kepunahan adalah jenis Arabica.

Mungkin Anda berpikir kopi akan punah dalam waktu yang masih lama. Namun jika dipikir-pikir, hanya tinggal 64 tahun lagi sebelum kopi benar-benar punah.

Jangan bayangkan juga kepunahan kopi, tetapi bagaimana kualitas kopi akan turun perlahan-lahan menjelang kepunahannya. Ini tentu akan berakibat pada rasa dan aroma kopi. Menjelang kepunahannya, tentu harganya akan melejit karena proses produksi semakin sulit.

Sebenarnya penelitian itu bertujuan untuk mengingatkan orang soal isu pemanasan global. Yang bukan hanya mempengaruhi iklim, tetapi juga minuman favorit Anda. Jika Anda tidak mengambil tindakan nyata, dampak pemanasan global akan semakin besar lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.