Sukses

Kesalahan Riasan yang Membuat Wajah Tampak Lebih Tua

Agar tidak terlihat tua, koreksi kesalahan riasan yang biasa dilakukan para wanita.

Liputan6.com, Jakarta Banyak wanita yang salah pakai makeup di  wajahnya, dan justru terlihat lebih tua. Padahal, tugas makeup adalah membuat tampilan wajah lebih cantik dan segar.

 

Hindari hal itu dengan mengikuti beberapa trik yang dilansir Allure.com, Minggu (4/9/2016) berikut ini.

1. Jangan gunakan terlalu tebal

Hal ini kedengarannya sangat sepele, tapi sayangnya banyak yang mengabaikannya. Perias wajah, Chrisanne Davis, mengatakan bahwa makeup yang tebal dan berlebihan membuat tekstur kulit terlihat berat, dan justru menonjolkan setiap kerutan dan garis di kulit.

Jika di wajah ada bintik-bintik noda gelap, pakai foundation setipis mungkin lalu titikkan concealer hanya di bagian noda tersebut, bukan di seluruh wajah. "Biarkan tekstur asli kulit wajah terlihat, karena hal ini membuat wajah terlihat lebih segar", tambah Chrisanne.
Contouring yang terlalu tebal juga pasti membuat wajah lebih tua, karena itu gunakan teknik shading ini setipis mungkin dan baurkan dengan sangat cermat.

2. Hindari makeup bertekstur tebal

Makeup seperti foundation krim atau padat (two way cake) teksturnya cenderung berat. Ganti dengan foundation cair yang ringan, atau campur foundation cair dengan sedikit pelembap agar teksturnya makin tipis. Ulas dengan kuas foundation atau spons lembap untuk hasil yang sangat tipis. Sesudahnya bubuhkan bedak tabur dan bukan bedak padat, karena bedak padat cenderung mengumpul di garis kerut di kulit dan membuat kerutan terlihat makin menonjol. Pulaskan bedak tabur ini dengan kuas setipis mungkin.

3. Hindari warna yang terlalu sama dengan kulit

Warna nude atau warna kulit memang membuat wajah terlihat cantik dengan lebih natural. Tapi, hindari makeup warna nude yang warnanya terlalu sama dengan kulit, atau sebaliknya terlalu gelap. Perias wajah Sandy Linter mengatakan, jika Anda ingin pakai rias warna nude, sebaiknya pilih warna kulit, atau warna nude yang nuansanya sedikit pink agar wajah terlihat lebih segar. Hindari menggunakan bronzer yang matte, dan ganti dengan blush on warna semi pink tipis di bulatan pipi.

4. Tonjolkan garis bibir

Semakin bertambah usia, maka garis bibir akan makin lenyap . Tonjolkan garis bibir dengan pensil bibir sehingga bentuknya tetap jelas dan lipstik pun tetap awet di bibir. Selain itu, hindari lipstik yang sangat matte. Beri sedikit kilap atau kelembapan agar bibir terlihat lebih segar.

5. Rias mata terlalu gelap

Riasan smoky eye yang terlalu gelap dengan berlapis-lapis maskara di bulu mata akan membuat bulu mata terlihat kaku. Hal ini sudah pasti membuat wajah 10 tahun lebih tua.
Coba gunakan eyeshadow warna nude di kelopak mata dengan sedikit shimmer di sudut-sudutnya. Pulaskan maskara dua kali di bulu mata, atau gunakan bulu mata palsu yang tipis untuk hasil yang lebih muda dan segar. 

(Ardi Suryaatmaja)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini