Sukses

Lakukan 5 Cara Ini di Rumah untuk Atasi Rambut Kering

Rambut kering dan bingung dengan perawatannya? Tidak perlu repot ke salon, lakukan beberapa cara ini di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Rambut kering cenderung membuat rambut Anda tidak bersinar, dan justru terlihat kusam. Selain itu, rambut kering juga rentan terhadap kerusakan, seperti rontok dan susah diatur.

Dilansir dari naturalbeautytips.co, Minggu (4/9/2016), rambut kering disebabkan karena ia tidak memiliki kelembapan, sehingga mengurangi kilau dan membuatnya terlihat tak bernyawa dan keriting.

Sebenarnya untuk memperbaiki rambut keriting caranya sangat mudah. Jika rambut kering disebabkan oleh faktor eksternal, maka berikut ini adalah beberapa cara untuk memperbaikinya dari dalam. Penasaran? Simak di sini.

1. Kurangi penggunaan alat styling rambut
Pengeriting rambut, rol panas, ataupun pengering dapat menjadi alat yang mencuri kelembapan rambut Anda. Jika Anda memang harus menggunakan alat-alat ini, kurangi intensitas sebanyak mungkin, gunakan hanya pada acara-acara khusus saja.

2. Hindari paparan sinar matahari langsung
Sinar matahari yang langsung mengenai rambut Anda juga dapat mengambil kelembapan dari rambut. Usahakan untuk selalu menggunakan payung atau topi lebar untuk menutupi kepala dan rambut, jika Anda harus berada di luar ruangan dalam waktu yang lama.

3. Hindari mencuci rambut dengan air panas
Air panas dapat mencuri minyak alami dari rambut dan menyebabkannya kering. Sebaiknya, cuci rambut dengan air dingin, karena kelembapan rambut akan tetap utuh dan membuatnya bersinar.

4. Jangan terlalu sering mengeramas rambut
Terlalu sering keramas dapat menghilangkan minyak alami dari rambut Anda, karena produk sampo mengandung berbagai zat pembersih yang keras.
Sebaiknya Anda menggunakan sampo dengan bahan organik yang dapat merangsang keluarnya kelenjar minyak di rambut Anda. Keramas setiap dua kali dalam seminggu adalah rentang waktu yang ideal.

5. Kondisioner wajib untuk rambut kering
Pilihlah kondisioner yang tidak atau hanya mengandung sangat sedikit kandungan alkohol. Alkohol dapat menghilangkan kelembapan dan minyak alami dari rambut Anda. Biasanya kondisioner yang tidak memiliki bau adalah kondisioner yang tidak mengandung atau hanya mengandung sangat sedikit alkohol.

Jika Anda memiliki rambut yang sangat kering, gunakan perawatan kondisioner setiap malam sebelum pergi tidur. Selain itu, untuk menghindari rambut yang berantakan di pagi hari, gunakan topi mandi, penutup kepala, atau handuk untuk tidur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.