Sukses

Kesenian dan Budaya Suku Baduy Hadir di Bazaar Indonesia Merdeka

Kesenian, kerajinan dan budaya khas suku Baduy hadir di Bazaar Indonesia Merdeka yang dilaksanakan di Mitra Terrace 27-28 Agustus 2016.

Liputan6.com, Jakarta Yayasan Putik Indonesia Berkarya (YPIB) didukung oleh Kementerian Pariwisata Indonesia menggelar Bazaar Indonesia Merdeka "Yang Muda Yang Berkarya untuk Indonesia" bertempat di Mitra Teracce, Jalan Gatot Subroto, Jakarta pada 27 dan 28 Agustus 2016.

Selain bazar kerajinan tangan dan kuliner, YPIB juga menggelar lomba-lomba yang melibatkan putri-putri remaja Indonesia serta talkshow dan demo dari para peserta bazar dan sponsor. Tak ketinggalan, terdapat stand dari suku Baduy yang dihadirkan oleh Pemerintah Provinsi Banten.

"Acara ini tentunya akan sangat menarik dan menginspirasi serta menambah wawasan para generasi penerus bangsa," ujar Rininta, Ketua Panitia Bazaar Indonesia Merdeka dalam sambutannya saat pembukaan Bazaar Indonesia Merdeka di Jakarta, Sabtu (27/8).

Kehadiran stand suku Baduy dan masyarakat Baduy sekaligus menjadi momen memperkenalkan seni dan budaya tradisional kepada para pengunjung, khususnya remaja perempuan Indonesia. Hadirnya suku Badui juga memiliki hubungan dengan event selanjutnya yang akan dilaksanakan oleh YPIB. Selesai dengan event Bazaar Indonesia Merdeka, YPIB yang beranggotakan finalis putri remaja Indonesia tahun 70an dan 80an ini akan menggelar Wisata Remaja Baduy.

Kesenian dan kerajinan khas suku Baduy hadir di Bazaar Indonesia Merdeka yang dilaksanakan di Mitra Terrace 27-28 Agustus 2016.

"Program selanjutnya yang sedang dipersiapkan oleh YPIB antara lain Wisata Remaja Badui. Ini merupakan langkah partisipasi YPIB untuk mendukung program pemerintah di bidang kepariwisataan. Melalui kegiatan ini para remaja dapat mengenal kehidupan tradisional dan kebudayaan suku Badui yang dipegang teguh di jaman modern saat ini," ujar Mungky Pusponegoro, Ketua YPIB. 

Rencana Wisata Remaja Badui ini pun mendapat apresiasi dari Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Bisnis dan Pemerintah Kementerian Pariwisata, Tazbir Abdullah.

"Atas nama Kementerian Pariwisata RI, kami memberikan apresiasi yang tinggi terhadap Putik yang telah berupaya melakukan sesuatu yang nyata untuk menggerakkan perekonomian kita, khususnya pariwisata," ujar Tazbir.

Lebih lanjut, Tazbir mengatakan bahwa program Yayasan Putik akan memberikan dampak positif bagi masyarakat luas. Apalagi pariwisata akan menjadi andalan Indonesia di masa depan karena alam, seni-budaya yang beragam.

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.