Sukses

Buat Lipbalm Sendiri di Rumah dengan 4 Campuran Bahan Alami Ini

Simak cara membuat lipbalm alami berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Bibir kering dan pecah-pecah, membuat diri kita tidak nyaman dan tidak percaya diri. Untuk itu, biasakan Anda rutin mengaplikasikan lipbalm setiap hari. Bahkan untuk Anda yang berada dalam ruangan bersuhu dingin dan kering, pastikan Anda rajin mengoleskan lipbalm minimal tiga kali dalam sehari.

Ada banyak jenis lipbalm yang tersebar di pasaran, dengan berbagai warna dan rasa. Bentuk dan kemasannya yang menarik membuat Anda ingin memiliki semuanya. Harga yang cukup mahal dan berbagai efek samping yang ditimbulkan, mungkin menjadi salah satu faktor yang membuat Anda ragu membeli produk lipbalm. Dilansir dari boldsky.com pada Rabu (24/8/2016) berikut 7 bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk membuat lipbalm sendiri di rumah.

Bahan-bahan dasar yang Anda butuhkan cukup mudah untuk didapat, yaitu: lilin lebah, shea butter dan minyak kelapa. Ketiga bahan alami itu akan menutrisi dan melembapkan bibir Anda dengan maksimal. Untuk memberikan rasa dan warna, Anda bisa menambahkan minyak essensial, dan berbagai rempah-rempah sesuai selera.

1. Daun Mint

(foto: boldsky.com)
Daun mint adalah bahan alami yang banyak digunakan untuk berbagai produk kosmetik. Mint dapat memberikan efek pendingin dan penyegar alami pada bibir Anda. Untuk membuatnya, tuang masing-masing dua sendok makan lilin lebah, minyak kelapa, dan shea butter ke dalam wadah.

Panaskan ke dalam microwave selama 1 menit agar bahan mencair. Campurkan beberapa tetes minyak essensial, kemudian aduk hingga merata. Tuang ke dalam wadah steril, dan biarkan hingga adonan mengeras.

2. Bunga Mawar

(foto: boldsky.com)
Warna merah pada mawar akan membuat lipbalm Anda lebih berwarna. Ambil satu sendok lilin lebah, dua sendok minyak kelapa dan shea butter. Panaskan di dalam microwave agar mencair. Tambahkan beberapa helai kelopak bunga mawar dan beberapa tetes minyak essensial mawar. Aduk hingga rata. Anda bisa meletakkan kelopak bunga mawar dan membiarkannya sebagai hiasan pada wadah lipbalm Anda.

3.Buah-Buahan

(foto: boldsky.com)
Stroberi adalah salah satu buah yang banyak digunakan untuk produk kosmetik, termasuk pembuatan lipbalm. Panaskan lilin lebah, shea butter dan minyak kelapa. Tambahkan bubuk stroberi ke dalam adonan. Saring adonan untuk menghilangkan sisa-sisa adonan yang besar, lalu biarkan hingga mendingin.

4.Cokelat

(foto: boldsky.com)
Siapa yang tidak menyukai cokelat? Membuatnya sebagai campuran lipbalm bisa menjadi pilihan. Ambil satu sendok makan lilin lebah, setengah sendok makan minyak kelapa dan shea butter. Panaskan dalam microwave selama setengah menit dan aduk secara berkala. Campurkan sedikit bubuk kelapa kering dalam adonan saat masih di dalam microwave. Tuangkan beberapa tetes minyak essensial cokelat lalu tuangkan adonan ke dalam wadah.

(Dearni Grasia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini