Sukses

Atasi Kebotakan Anda dengan 6 Bahan Alami Ini

Simak cara mengatasi daerah rambut yang botak menggunakan 6 bahan alami berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Hati-hati dengan masalah rambut rontok yang Anda temui. Kerontokan rambut bisa berujung pada kebotakan. Jika sudah menemukan adanya daerah di kepala yang mulai botak, Anda harus segera mengatasinya agar tidak melebar.

Kepala botak membuat sebagian orang tidak percaya diri, apalagi hanya di daerah tertentu yang mengalami kebotakan. Tak hanya pria, wanita pun beresiko mengalami kebotakan seperti ini.  Kebotakan bisa disebabkan karena stres berlebihan, keturunan, iritasi kulit kepala, dan penyakit kronis. Dilansir dari Boldsky.com pada Selasa (23/8/2016), berikut ini adalah 6 bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi kebotakan.

Biji fenugreek
Karena mengandung vitamin B6, mineral, zat besi dan kalsium, tanaman yang satu ini dapat merangsang pertumbuhan kembali rambut Anda. Haluskan biji fenugreek lalu oleskan di daerah yang botak. Biarkan selama satu jam lalu bilas dengan sampo. Lakukan hal ini dua kali dalam seminggu.

Minyak timi
Minyak ini mengandung timol dan antiseptik yang meningkatkan sirkulasi darah, merangsang pertumbuhan rambut, dan mengurangi ketombe. Tuangkan beberapa tetes minyak timi di tangan Anda, lalu gosok sedikit untuk menghangatkan minyak. Usapkan di daerah yang botak lalu pijat sebentar. Kemudian sisir agar minyaknya merata.

Saffron
Kuma-kuma atau saffron juga bisa Anda gunakan. Memiliki jumlah antoksidan yang cukup sehingga saffron dapat memperbaiki folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhannya. Campur 4 sendok teh susu dan 1 sendok makan saffron. Aduk dan oleskan pada daerah yang botak. Biarkan selama satu malam dan bilas di pagi hari.

Jus lobak
Jus lobak memiliki vitamin A,C,dan K yang bermanfaat untuk memperkuat akar rambut. Oleskan ekstrak jus lobak pada daerah yang botak lalu berikan sedikit pijatan sampai Anda merasakan kulit menjadi sedikit hangat.

Minyak kamper
Kamper memiliki sifat antiseptik dan anti bakteri alami yang dapat mempertahankan kondisi kulit kepala yang sehat, dan juga mendorong pertumbuhan rambut. Oleskan beberapa tetes minyak kamper murni di kepala yang botak setiap malam sebelum tidur. Hasilnya akan terlihat selama seminggu.

Kembang sepatu
Bunga kembang sepatu mengandung protein penting yang bisa memperbaiki folikel rambut yang rusak. Haluskan beberapa kelopak kembang sepatu lalu campurkan beberapa tetes minyak zaitun. Aplikasikan di daerah yang botak, biarkan selama 15 menit lalu bilas hingga bersih.


(Dearni Grasia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini