Sukses

Mengupil Ternyata Berbahaya bagi Tubuh, Ini Alasannya

Ternyata, kebiasaan mengupil berbahaya bagi tubuh. Simak alasannya di sini.

Liputan6.com, Jakarta Mengorek hidung adalah kebiasaan yang sering dilakukan hampir semua orang. Walaupun banyak yang malu mengakuinya, setidaknya 99 persen dari manusia gemar mengupil.

Biasanya, kita melihat anak kecil yang tanpa ragu mengupil di depan umum. Namun, orang dewasa juga melakukannya secara diam-diam. Memang, terdapat efek menyenangkan ketika kita membersihkan hidung dengan cara yang satu ini. Banyak juga orang yang menikmati saat-saat mengorek hidung. Walaupun kegiatan ini sangat nyaman dilakukan, seperti dilansir dari Metro.co.uk, Jumat (19/8/2016), ternyata kebiasaan ini membahayakan tubuh.

Dr Erich Voigt mengatakan, mengorek hidung memiliki risiko masuknya kuman seperti Staphylococcus aureus (kuman yang hidup di depan hidung) ke dalam hidung. Ini juga berpotensi membuat bagian dalam hidung lecet. Akibatnya, terjadi pendarahan yang bertemu dengan kuman, membuat infeksi dan iritasi pada bagian dalam hidung semakin parah.

Proses ini bisa menjadi lebih buruk, tergantung pada bakteri yang terdapat pada jari-jari Anda. Bahkan, kebiasaan ini lebih berbahaya bagi anak kecil karena mereka lebih kasar dalam mengupil, dan membuat hidung mereka lebih gampang berdarah.

Lebih lanjut Dr Erich menjelaskan, suplai darah ke hidung amat banyak. Terdapat 5 arteri yang mengarah ke depan hidung. "Ketika abrasi ini terjadi, bisa terdapat pendarahan yang hebat. Hal ini juga yang sering menjadi penyebab utama anak-anak mudah mimisan".

Jadi sebaiknya mulai sekarang ubah cara membersihkan hidung Anda menjadi lebih hati-hati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini