Sukses

Atasi Kulit Berminyak di Hidung dengan 4 Bahan Alami

Kesal dengan hidung berminyak, simak cara mengatasinya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Mulai dari pori-pori tersumbat, jerawat, hingga komedo, itu adalah sejumlah masalah pada wajah yang ditimbulkan oleh kulit berminyak. Minyak pada kulit berasal dari kelenjar sebaceous di kulit yang memproduksi sebum sebagai pelumas untuk melindungi kulit dari sinar matahari dan membuat kulit tetap lembab. Walaupun memiliki kulit berminyak cukup menguntungkan, tapi jika produksi minyak berlebihan membuat kita merasa tidak percaya diri.

Daerah hidung adalah daerah yang memproduksi lebih banyak minyak dibandingkan daerah lainnya. Penyebab hidung menghasilkan minyak berlebih adalah, genetika, sering menyentuh hidung, perubahan hormon, pubertas, atau kehamilan. Kondisi stres juga salah satu hal yang memicu produksi minyak berlebih pada hidung Anda. Dilansir dari boldsky.com pada Kamis (18/8/2016), berikut ini adalah beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi hidung berminyak.

Kulit apel
Kulit apel merupakan sumber vitamin C, A dan serat penting yang dapat mencerahkan kulit, memperlambat produksi minyak, dan meningkatkan elastisitas. Haluskan kulit apel lalau campurkan satu sendok teh air perasan jeruk lemon, kemudian oleskan pada hidung dan tunggu sampai mengering. Setelah itu gosok sedikit lalu bilas dengan air bersih.

Kulit jeruk
Kandungan asam dari jeruk dapat mengangkat sel-sel kulit mati dari dalam dan mengurangi minyak berlebih pada hidung. Jemur kulit jeruk di bawah sinar matahari sampai mengering lalu haluskan hingga menjadi bubuk. Campurkan bubuk dengan satu sendok teh air mawar lalu oleskan pada hidung. Tunggu sampai mengering lalu oleskan pada bagian hidung Anda.

Putih telur
Putih telur mengandung dua bahan penting yaitu kolagen dan protein, yang mampu mengencangkan pori-pori dan mengurangi minyak berlebih. Oleskan putih telur pada hidung setiap hari selama seminggu. Setelah merasa kulit mulai meregang, bilas dengan air bersih.

Garam laut
Garam laut dikenal sebagai bahan pengering alami. Tambahkan 1 sendok makan garam laut ke dalam secangkir air hangat, lalu semprotkan pada wajah saat hidung Anda mulai berminyak.

Teh hijau
Memiliki kandungan antioksidan, teh hijau sangat bermanfaat bagi kulit berminyak. Setelah menyeduh atau menikmati teh, jangan membuang sisanya. Anda bisa mengoleskan ke daerah hidung Anda. Teh hijau akan menyerap minyak di hidung secara alami dan menjaga daerah hidung Anda halus dan bebas minyak sepanjang hari.

 

(Dearni Grasia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini