Sukses

Ternyata Begini Kepribadian Orang yang Selalu Selfie Saat di Gym

Mengenal lebih jauh kepribadian orang yang tak pernah absen selfie saat ngegym.

Liputan6.com, Jakarta Anda tentu tidak terkejut jika mendengar bahwa orang yang sering selfie saat nge-gym memiliki kepribadian yang sangat percaya diri dengan penampilannya. 

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Brunel University di London mengungkapkan bahwa orang-orang yang sering mengunggah tentang diet, olahraga atau pencapaian dalam gaya hidup cenderung berkepribadian narsistik.

Psikolog dari universitas ini mengumpulkan data dari 555 pengguna Facebook, untuk memeriksa ciri-ciri kepribadian dan latar belakang yang mempengaruhi pilihan mereka untuk menulis sebuah update status. Setiap peserta diminta untuk menyelesaikan survei online yang menilai tentang harga diri dan narsisme serta 5 ciri utama kepribadian narsis, yaitu extroversion, neuroticism, keterbukaan, keramahan dan kesadaran.

Menurut artikel yang dilansir pada Jumat (19/8/2016), penelitian ini menemukan bahwa orang-orang dengan kepribadian narsistik mengunggah lebih banyak status Facebook tentang diet dan rutinitas olahraga mereka. Tipe orang seperti ini juga lebih sering berbagi tentang pencapaian mereka, dengan latar belakang motivasi akan butuh diperhatikan dan pengesahan dari sekeliling mereka.

Para peneliti juga menemukan bahwa tipe status Facebook seperti ini menerima banyak likes dan komentar yang menunjukkan bahwa para narsistik dikuatkan oleh perhatian yang didapatkan dari sekeliling mereka.

Namun, psikolog bernama Dr Tara Marshall berpikir bahwa orang-orang yang menekan tombol like tidak selalu memiliki niat tulus untuk memuji. "Walaupun para narsistik ini terkesan mendapatkan banyak dukungan berdasarkan like dan jumlah komentar, bisa jadi teman-teman di Facebook diam-diam tidak menyukai sikap pamer yang tampak di timeline mereka," Dr Tara Marshall mengungkapkan. "Penting untuk mengetahui bagaimana status Facebook seseorang dinilai oleh orang lain untuk menghindari topik-topik atau unggahan yang mengganggu,"

Mungkin foto-foto selfie seseorang di gym memenuhi timeline Anda, namun sesungguhnya Anda tak perlu terlalu khawatir tentang pandangan orang. Tetaplah jadi diri sendiri, jika ada yang terganggu, mereka bisa dengan mudah menekan tombol unfollow.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.