Sukses

Meriah, Karnaval Kemerdekaan Akan Digelar di Danau Toba

Untuk mempercepat terciptanya 10 kawasan Bali Baru, karnaval Kemerdekaan akan digelar di Balige dan Parapat pada 20-21 Agustus 2016.

Liputan6.com, Jakarta Untuk mempercepat terciptanya 10 kawasan Bali Baru, karnaval Kemerdekaan akan digelar di Balige dan Parapat, pada 20-21 Agustus 2016. Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, kegiatan Karnaval Kemerdekaan dahulu dikenal dengan nama Karnaval Budaya, digelar di sekitar Istana Negara Jakarta dan diikuti oleh seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Sejak 2015, kegiatan ini dilaksanakan di daerah. Tahun lalu berlangsung di Pontianak, Kalimantan Barat, dan tahun ini di Danau Toba, Sumatera Utara.

“Even Karnaval Kemerdekaan menjadi agenda Kemenpar. Presiden Joko Widodo memilih Danau Toba sebagai pusat perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-71, dengan tujuan membangkitkan kebanggaan berbangsa dan menjadi penyulut semangat Indonesia kerja nyata, serta untuk menindaklanjuti kebijakan nasional dalam pembangunan kepariwisataan agar lebih fokus dalam pengembangan 10 destinasi unggulan,” kata Menteri Arief saat jumpa pers persiapan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Rabu (10/8/2016).

Lebih jauh dirinya menjelaskan, setelah Danau Toba ditetapkan sebagai destinasi prioritas, pembangunan infrastruktur terus ditingkatkan. Antara lain persiapan pembangunan jalan tol dari Kota Pematangsiantar hingga kawasan Danau Toba di Parapat yang akan dimulai tahun depan, serta penambahan penerbangan di Bandara Silangit Toba, yang kini sudah ada penerbangan langsung dari jakarta, Kualanamu , maupun Batam.

“Danau Toba merupakan destinasi yang lengkap sebagai wisata alam, geopark, dan water sport dan memiliki budaya yang unik. Kita sengaja memilih dua lokasi untuk karnaval pada tahun yaitu Balige di Kabupaten Tobasa yang memilik panorama alam seperti Ubud di Bali. Di sana dijumpai pemandangan alam berupa sawah menghijau yang subur dan menyejukkan mata, dan Parapat di Simalungun dikenal wisatawan karena keramahan penduduknya serta budaya lokalnya yang menarik dan unik,” kata Menteri Arief.

Kegiatan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba sendiri akan diikuti 26 provinsi, 7 kabupaten di sekitar Toba, 8 sub-etnik, dan berbagai komunitas budaya. Karnaval yang akan diikuti lebih dari empat ribu orang ini akan mengambil rute sejauh 3,5 kilometer yang dimeriahkan dengan berbagai acara hiburan menarik, mulai dari konser Slank di atas panggung apung hingga pesta kuliner rakyat. Pemerintah setempat mengharapkan 50 ribu pengunjung hadir dan memeriahkan gelaran budaya ini, sehingga target 11,4 juta wisatawan di tahun 2016 dapat tercapai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini