Sukses

5 Tips Bikin Foto Split Underwater di Tempat Wisata Air Terjun

Foto split underwater merupakan foto setengah daratan setengah di bawah permukaan air. Inilah tips praktis membuat foto split underwater

Liputan6.com, Bogor Seiring dengan datangnya musim hujan, salah satu tempat wisata yang kerap dikunjungi adalah air terjun. Pasalnya saat musim hujan, debit air akan meningkat dan membuat volume air terjun makin tinggi dari biasanya. Dengan tingginya volume air akan menciptakan kolam di bawahnya. Semakin dalam maka akan semakin bagus untuk berfoto split underwater di tempat wisata air terjun.

Agar mendapatkan foto terbaik split underwater, simak tips praktis berikut yang dihimpun oleh Liputan6.com setelah menjelajahi beberapa air terjun tersembunyi di Desa Cibereum, Bogor.

1. Datanglah saat siang hari

Waktu paling tepat untuk membuat foto split underwater adalah saat siang hari antara pukul 10 pagi hingga pukul 2 siang. Pada waktu tersebut sinar matahari akan sangat dibutuhkan terutama dalam pencahayaan di dalam air.

2. Pilih kolam sungai yang lebih banyak batuan kecil dibandingkan dengan pasir

Beberapa kolam air terjun memiliki karakteristik dasar kolam yang berbeda. Yang paling bagus adalah dasar kolam yang memiliki banyak batuan kecil dibandingkan dengan pasir. Karena, batu-batuan akan membantu memantulkan sinar matahari sehingga obyek yang tengah mengambang akan mendapatkan pencahayaan yang cukup.

Kualitas air dan cahaya matahari sangat mementukan hasil akhir foto (JemmyNababan)

3. Hindari berfoto dengan dasar kolam pasir

Kolam sungai dengan dasar permukaan berpasir akan sangat mudah membuat air semakin keruh. Hal ini jelas akan mengganggu gambar juga menghambat sinar yang masuk ke kolam. Pasir akan membuat cahaya terserap sehingga obyek di dalam air akan terlihat gelap.

4. Latihan pernapasan

Olah nafas sangat penting agar tidak terlihat terlalu banyak gelembung saat membuat foto split underwater. Berlatihlah menahan nafas lebih dari 1 menit di dalam air.

5. Bersikap tenang dan rileks

Jika tidak bisa berenang, carilah tempat yang dangkal. Jangan membahayakan diri demi mendapatkan foto split underwater. Saat menyelam tidak perlu terlalu terburu-buru dan usahakan untuk tetap tenang dan tidak melakukan gerakan-gerakan tidak perlu sehingga dasar kolam tidak semakin keruh karena pasir yang naik.

Dapatkan tiket pesawat promo terbaik hanya di Reservasi.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini